memasak nasi di rice cooker

Nasinya Nggak Lengket!

Beberapa hari ini sebenarnya hatiku dilanda gundah gulana, hehehe…

Gara-gara nasi yang lengket ketika dimasak di rice-cooker, bikin akhirnya cukup banyak membuang sisa nasi yang nggak bisa dikeruk pas mau disendok. Sambil banyak-banyak istighfar dan dengan miris membayangkan orang-orang di belahan dunia lainnya yang kelaparan dan nggak bisa makan (ini serius…), aku bener-bener miris ketika harus membuang sisa nasi yang sebenarnya bisa dimakan sekali duduk kalo nggak kering dan lengket.

Setelah beberapa kali dibikin frustasi gara-gara nasi yang lengket di dinding mangkuk rice cooker ini, akhirnya tadi pagi aku mulai googling: tips memasak nasi di rice cooker supaya tidak lengket. Cukup banyak artikel yang keluar dan membahas kiat-kiat memasak nasi yang benar di rice cooker supaya nasinya nggak lengket. Dari ada yang nyuruh pakai bubuk kelapa, tapi langsung aku coret karena (1) simpanan di kulkas terbatas kopi dan teh bubuk, jangankan bubuk kelapa, bubuk lada aja aku nggak punya >.<. (2) aku males keluar buat nyari. Sebenernya keluar dari gang depan kontrakan ini pun udah jebolnya mol sik, tapi ya masa ke carrefour cuma buat beli bubuk kelapa aja berasa sophisticated banget gueh. (3) aku nggak bisa makan santan. (more…)