Nasinya Nggak Lengket!

Beberapa hari ini sebenarnya hatiku dilanda gundah gulana, hehehe…

Gara-gara nasi yang lengket ketika dimasak di rice-cooker, bikin akhirnya cukup banyak membuang sisa nasi yang nggak bisa dikeruk pas mau disendok. Sambil banyak-banyak istighfar dan dengan miris membayangkan orang-orang di belahan dunia lainnya yang kelaparan dan nggak bisa makan (ini serius…), aku bener-bener miris ketika harus membuang sisa nasi yang sebenarnya bisa dimakan sekali duduk kalo nggak kering dan lengket.

Setelah beberapa kali dibikin frustasi gara-gara nasi yang lengket di dinding mangkuk rice cooker ini, akhirnya tadi pagi aku mulai googling: tips memasak nasi di rice cooker supaya tidak lengket. Cukup banyak artikel yang keluar dan membahas kiat-kiat memasak nasi yang benar di rice cooker supaya nasinya nggak lengket. Dari ada yang nyuruh pakai bubuk kelapa, tapi langsung aku coret karena (1) simpanan di kulkas terbatas kopi dan teh bubuk, jangankan bubuk kelapa, bubuk lada aja aku nggak punya >.<. (2) aku males keluar buat nyari. Sebenernya keluar dari gang depan kontrakan ini pun udah jebolnya mol sik, tapi ya masa ke carrefour cuma buat beli bubuk kelapa aja berasa sophisticated banget gueh. (3) aku nggak bisa makan santan.

Lainnya ada yang menghimbau untuk menambahkan banyak air ke dalam tanakan nasi, tapi langsung kucoret juga, karena kebanyakan air akan bikin nasinya benyek. Bukannya jadi nggak lengket, malah nantinya jadi bubur. Lagipula tiap tipe beras punya takaran air yang beda-beda biar bikin nasinya pulen, maka yang ini aku skip.

Setelah berkunjung ke beberapa situs, sampai tanya ke mom segala, akhirnya aku mengikuti satu cara dari yang kebanyakan diberikan dalam tips yang tertera. Terus aku menambahkan juga satu poin lagi yang tadinya hanya sebuah percobaan, jadi inilah tips memasak nasi di rice cooker supaya nggak lengket ala dista!

1. Ketika mencuci beras, jangan langsung di dalam mangkuk rice cookernya. Konon ini dikarenakan tekstur beras akan menggesek di permukaan mangkuk dan mengikis lapisan bagian dalamnya. Pakai baskom kecil atau mangkuk yang agak besar untuk membersihkan beras dan baru tuangkan ke dalam mangkuk rice cooker begitu siap dimasak.

2. Campurkan sekitar dua sendok teh margarin (untuk dua porsi makan orang, dan aku pakainya blue band) ke dalam beras yang siap ditanak.

3. Tekan ‘cook’, dan tunggu sampai matang.

Ketika nasinya matang, tunggu sekitar 15 menit baru dibuka dan aduk nasi yang sudah matang (jangan langsung dibuka dan diaduk, soalnya nanti malah jadi lengket). Tadaaaaa~ sudah nggak lengket lagi lhooo, nasinya akan terasa lebih kenyal dan gurih. Ini resep baru yang mulai hari ini akan aku terapkan kalo masak nasi, hehehehehe…

.

Silakan dicoba!😀

6 comments

  1. Waaah, amazing! Dulunya sih aku nyuci beras di wadah lain, ngikut saran ayah, eh makin kemari makin males, jadi ya nasinya lengket di rice cooker. Cuma aku masaknya dikit, jadi nggak terlalu masalah.

    Biasanya aku keruk(?) nasinya segera setelah matang dan kering sampai ke dasarnya supaya nggak lengket. Efektif sih, tapi mungkin karena di sini nasinya pera, nggak pulen (ngasal). Mungkin lain kali aku bakal coba caranya Kak Dista ini🙂

    Oya, mohon maaf lahir bathin ya, Kak, dan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan🙂

    1. aku nggak pernah bener” keruk sih soalnya takut rusak lapisannya, lagian juga nasinya kering gitu nempelnya jadinya sudah nggak bisa diharapkan lagi kalo nggak direndem dulu hehehehe…

      happy fasting juga buat kamu, Ami
      Semoga Ramadhan tahun ini penuh barakah. aamiin…🙂

  2. wahahahahhaa kak duuuh kak anak kosan macam awak sih kalo misalnya nasinya ga mau kering dan lengket itu pas si ricecookernya dari cook ke warm jangan langsung diangkat, di buka dulu soalnya kan suhu di dalam ricecookernya belom stabil warm jadinya pas dibuka gitu ada kesenjangan/?? suhu…. mending pas abis mateng gitu ditunggu dulu sampe 15-20 menitan baru dibuka rice cookernya itu juga ga bikin nasinya lengket kooo😀

    ahaha tapi yang kalo pake margarine itu fav banget aku…. ga tau kenapa enak banget makan sendirian di dalem kamar kosan sama nasi anget margarin, sesuatu banget kak :]

    ah kak tapii tipsnya oke banget lah, lumayan lah buat dikosan😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s