Teman Menulis.

a1d2f4ecca1d11e3965c0002c954d680_8

 

Ada kalanya saat aku dirundung kemalasan akut, (orang-orang sih biasanya nyebut itu writer’s block, tapi aku nggak percaya sama istilah ini hehehe) rasanya mau ngapa-ngapain maleeeees aja bawaannya. Apalagi kalau urusannya sama nulis.

Ide udah di kepala, visualisasi udah terus terbayang di kepala sampai gak ada habisnya. Lalu tinggal tantangan berikunya: menuliskannya ke dalam kata-kata. Kalau sedang bersemangat, sekali duduk bisa langsung jadi satu chapter sepanjang 9-10 halaman. Cuma kalau lagi males… nulis separagraf aja susahnya bukan main.

Apa sih tipsnya biar semangat nulis?

Kalau aku punya tiga poin. Dan ini adalah persyaratan mutlak yang harus terpenuhi ketika sudah duduk di depan laptop dan bersiap senam jari.

1. Kenyang

Jangan biarkan perut dalam keadaan lapar.

Pokoknya ketika nulis itu perut harus terisi. Alasannya sebenarnya sederhana: karena saat nulis kita perlu berpikir; untuk menyusun plot, mengisahkannya dari satu adegan ke adegan lain, selain itu juga harus memilih juga menyelaraskan diksi. Kalau kita laper, otomatis nggak akan bisa mikir.

Jadi mending makan dulu, perut nggak kosong. Aman sudah. Kalo perlu penuhin aja perut sampai buat persiapan tiga hari, hehehe.. onta kali ya? ;p

Aku nggak menyarankan untuk menyiapkan camilan saat lagi nulis sih. Selain karena nanti ujungnya pasti bakal makan terus, laptop nanti jadinya kotor sama bekas makanan.

2. Musik

Sebenarnya ini optional denk, hehehe… kadang aku pakai, kadang juga nggak tergantung mood. Tapi memang lebih seringnya aku pakai untuk membangun suasana, terutama kalau yang ditulis lagi melow, habis itu pasang playlist yang galau pula. Sempurna!

Aku lebih prefer untuk memakai playlist instrumental dibanding lagu dengan vokal, soalnya musik instrumental bikin aku lebih mudah berkonsentrasi. Aku nggak tahu gimana dengan lainnya, tapi coba deh bandingkan. Biasanya mendengarkan musik instrumental saat sedang menulis biasanya akan bikin kita jauh lebih semangat dibanding kalo dengerin musik dengan vokal.

3. Screen Background

Iya, ini penting. Soalnya screen background ini yang benar-benar memberikan visualisasi terbesar akan runtutan bayangan yang ada di kepala kita.

Seperti cover di atas, hihihihi…. Akan lebih banyak membantu sebenarnya kalau screen leptop itu  adalah objek tulisan itu sendiri. Kalo yang lagi garap fanfic ya kasih aja foto karakter utamanya, kalo lagi garap ori ya pasang foto yang berkaitan dengan ceritanya, jadinya imajinasi kita tentang objek ini semakin mudah terbentuk dan terciptakan.

.

Hanya tulisan singkat di sela nulis ff malam ini, siapa tau bisa jadi masukan buat kamu yang lagi pengen nulis tapi nggak tau mau nulis apa dan gimana. Haha!

See you next post!

~xoxo.

13 comments

  1. hoho, aku baru ngerti istilah writer’s block ya seminggu ini mbak. tauku ya cuma malas itu aja. tips mbak dista yg ketiga itu perlu aku coba biar bisa lebih fokus.

    makasih untuk post bermanfaat ini mbak🙂

  2. hahahah kak kimchi nulis yang kayak gini😄 anyway kak kimchi masih kenal sama aku kan? kalo lupa saya hanifa, 95line yang twitternya @Hanifa3424😄

    sebenernya kalo masalah perut sih aku mlah makin ga konsen kalo perut kenyang. ga tau kenapa rasanya kayak nya otak semacam tersumbat gitu sama aliran lemak😄

    trus sebenernya juga yang bikin Writer’s Block itu faktor utamanya INTERNET kak!!!!! kak misal niat awalnya mau nulis tiba2 buka twitter, foto bias -yang ganteng beuud- bertebaran. dan akhirnya fangirlingan. aku sering ngalamin itu kakk -___- /curhat ceritanya/

    trus trus kak kimchi punya waktu fav buat nulis ga? atau semacam sikon yang on banget buat nulis? misalnya kayak aku, aku suka nulis kalo udah hujan, dingin, sepi dan diatas jam 12 malem😄 jadinya yah sering begadang gitulah /slapped/😄

    ah pengen banyak bahas soal tulisan rasanya, mulai dari gaya menulis yang mempengaruhi, sikon, inspirasi, sampai tempat nulis sendiri (temen aku ada looh yang suka nulis ff di Buku -__- katanya sih ngeblank kalo nulis di leptop —__—)
    ah sudahlah kak aku udah banyak cerita gajelas juga😄

    much love kak!!!

    1. iyaaaaa, kamu bener banget soal internet itu LOL. Aku juga nggak konsen kalo lagi nulis dan internet nyala… pasti banyak distraksinya. Makanya kalo memang niat nulis internet sengaja dimatikan, dan dinyalain seperlunya kalo perlu riset kilat.

      soal waktu menulis, sebenernya aku fleksibel aja. Kapanpun dimanapun aku bisa aja nulis selama ada medianya. Cuma memang aku lebih prefer nulis pas malam, di atas jam 9 ketika orang” sudah mulai istirahat dan suasananya lebih tenang. Jadinya lebih fokus aja sama apa yang mau kutulis, hehehe.

      Terima kasih ya!😀

  3. Tentang musik mungkin kepikiran, tapi makan gak kepikiran ._. walaupun bener juga kalau dipikir2 haha. Aku juga lebih suka instrument dari pada vokal, tapi kadang jarang nemu instrument HAHH-_- jadi kadang ya itu-itu aja yang di denger /lol/
    Btw aku baru pertama kali kesini!!! HAI! SALAM KENAL YAHHH~

  4. annyeong kak dee,, indah imnida, umur aku, jalan 14 ,aku 00′ liner,salam kenal, aku reader baru,,fanfic nya kak dee keren2! aku suka yg laurent! kak, aku suka baca fanfic exo yg banyak rekomendasi nya,,beberapa ada fanfic exo yg terkenal banget kyk 48hours,anterograde tomorrow gtu2.. aku mau baca, tapi aku masih belum bisa ngertiin bahasa inggris yg panjang2,,

    kak dee kuliah S2 bahasa inggris yah? hebaat bngd sih kak dee?!!
    kak dee dari kecil emang udah bisa bahasa ingrris yah? pertama kali kak dee belajar bahasa inggris umur brp?

    kak, aku mau minta saran donk ka,,caranya biar cepet bisa bahasa ingrris gimana? aku mau bisa ngomong lancar sama bisa baca novel/cerita pake bhs. inggris,, tapi sekarang aku baru bisa sedikit2 nerjemahin kata2 dari lagu2 nya taylor swift aja,,

    thanks in advanced buat sarannya kak dee!
    *kalo kak dee ga keberatan dan ada waktu, boleh ga tolong bales komen aku pake bahasa inggris? biar aku coba ngertiin sekalian belajar.. gomawoo ka

  5. lol it makes sense and ifdk why im crying. cuma, tipsnya simpel tapi ngena sekali. hihi. oh ya, kedampar di sini gara-gara, tips menulis ini😀

  6. halo dista. aku nulis juga.
    dan pengalaman writer block itu emang sesuatu banget.
    semacam black hole bagi setiap penulis.

    poin satu dan dua emang mujarab banget. wkwkwk
    itu adalah langkah wajib. dan biasanya aku tambahin secangkir teh disamping lappy.
    dan buat yang ketiga, astaga aku ngga pernah mikir sejauh itu.
    secara mental aku tepuk jidat, oh iya ya.. kalo gitu kan ibarat kata kita bisa fokus sama tokohnya dan inget karakternya gimana.
    haha ngomong apa sih aku.
    pokoknya gitu deh.

    makasih sharing-sharingnya🙂
    salam hangat. ilachan

  7. aduh kak, ini pas bangeeet -_-
    awalnya aku juga percaya sama istilah writer block, karna sampe sekarang, kalo orang bilang aku ngga nulis karna writer block -kehabisan ide dll- itu sama sekali ngga pernah terjadi. ide selelau datang dan aku ngga tau gmana cara nge rangkainya..
    cuma akhir2 ini adalah masa aku paling males ngapa2in. asli deh kak, mau tidur aja males, gmana yg lain? /ini curhat ngga penting hahaaa/
    dan makasih banyak kak tips nyaa ^^

Leave a Reply

