Lotte Almond Pepero : Halal atau Tidak?

pepero1

Pasti kenal donk sama jajanan yang satu ini? Kebanyakan di antara kamu pasti udah pernah makan, atau seenggaknya pernah liat jajanan ini dijual di toko-toko.

Pepero adalah snack semacam stik biskuit yang dilumuri coklat (yang kadang bisa sampai berbagai rasa) dan juga almond. Rasanya enak, aku juga cukup sering beli karena produk dari Lotte ini sudah dijual secara bebas di Indomaret sejak pertengahan tahun 2013 lalu.

Hingga dua hari yang lalu, aku mendapatkan screencap ini dari seorang pengguna akun saat berkunjung ke AFF:BjpP-4TCAAA_8UfKonon ini adalah screencap balasan email seorang komsumen dari Malaysia pada representatif Korea Halal Association tentang pertanyaannya seputar status halal atau tidaknya produk pepero Almond yang ada di gambar sebelah kanan.

Dari jawaban Mr. Lee Ju Woo di atas, tersebut bahwa seluruh produk eksport Lotte (dari perusahaan Korea) tidak halal, jadi Pepero pun tidak halal. Itu adalah jawaban yang Mr. Lee dapat dari Lotte sendiri. Ini juga menjelaskan bahwa berarti nggak cuma Pepero aja yang nggak halal, tapi juga produk makanan kemasan impor lainnya yang mereka jual.

Melihat jawaban ini, aku—sebagai konsumen yang dulu cukup sering beli Pepero ini (dengan jenis, dan kemasan yang sama persis seperti di atas) langsung mencoba untuk mengirimkan email ke email Mr. Lee yang tersebut di atas. Di dalam emailku itu aku juga meminta konfirmasi terkait perihal yang sama, terutama karena di Indonesia ini Pepero Almond dari Lotte ini sudah masuk ke Indomaret—dan Indomaret ini sudah menjamur di berbagai tempat di pelosok kota kecil, yang 90% konsumennya adalah umat Muslim yang nggak tahu (atau mungkin bahkan nggak mau tahu) apakah makanan ini halal atau nggak.

Memang saat pertama kali beli dulu aku sempat mengamati bahwa biskuit coklat ini nggak punya kode halal di manapun di kotak kemasannya. Tapi saat itu yang kupikir adalah, “Ah ini cuma biskuit coklat, nggak ada macem-macem deh. InsyaAllah halal.”—dan terutama karena aku belinya juga di Indomaret, jadi nggak ada pikiran macam-macam. Ternyata kecerobohanku itu memberiku kenyataan yang cukup mengejutkan, dan pahit.

Dari beberapa artikel bahasan mengenai Pepero yang kubaca, apa yang membuat Pepero Almond ini nggak halal adalah karena dia mengandung shortening di dalamnya. Saat aku google apa itu ‘shortening’ dalam makanan, ternyata itu adalah semacam butter/margarine yang terbuat dari lemak hewan. Memang dalam pemakaiannya, shortening bisa diambil dari banyak hewan, tapi saat ini kita sedang membicarakan tentang negara Korea, di mana para penduduknya mengkonsumsi daging babi secara umum. Dan sudah diketahui banyak orang bahwa minyak babi jauh lebih murah dibanding produk hewani lainnya untuk produksi makanan, jadi ya bisa jadi kalau shortening ini yang bikin Pepero itu belum dihalalkan.
peperoDari obrolan dengan seorang teman yang lebih mengerti mengenai bahasa Korea, aku mendapatkan fakta bahwa  ternyata banyak produk Korea yang dieksport ke Indonesia sudah diartikan komposisi makanannya ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tapi ternyata ketika dicek hangul-nya, ada beberapa yang berarti ‘mengandung babi’. Aku memang nggak terlalu fasih dengan bahasa Korea, tapi cukup mampu untuk membaca hangul. Dan dari gambar di atas ternyata memang benar, pepero memang ada shortening-nya.

Dan dari beberapa tanya jawab yang aku ambil di grup sebelah, ada seseorang yang memberikan daftar makanan halal di Korea. Pepero termasuk di dalamnya. 28137_120388221323684_7698800_nDaftar ini cukup banyak beredar untuk menjawab seputar kebimbangan masyarakat mengenai halal atau tidaknya pepero ini. Cuma memang yang harus diperhatikan adalah, bahwa ini adalah daftar yang terakhir kali di-update tahun 2009. Sekarang sudah 2014, dan percayalah, cukup banyak kemungkinan yang bisa terjadi dalam kurun waktu 5 tahun ini.

Dan pagi ini, untuk menjawab semua pertanyaan aku, jawaban dari Mr. Lee Ju Woo akhirnya datang juga. Dari email yang datang, beliau menjelaskan bahwa hingga saat ini Lotte belum mengeluarkan sertifikat halal untuk produknya. Untungnya sih, which I hope is true, beliau bersedia untuk meminta Lotte menyediakan sertifikat tersebut untuk distribusi produk mereka. emailIn my humble opinion, karena hukum halal atau tidaknya Pepero ini masih belum jelas, akan lebih baik bila kita berhenti mengonsumsinya. Hingga Lotte mendapatkan sertifikat halal, no more pepero. Dengan begini aman sudah pertanggungjawaban kita sebagai umat muslim untuk hanya memakan makanan yang diperbolehkan oleh agama kita. Dan bagi yang telah lalu, bila memang makanan itu tidaklah halal, semoga Allah mengampuni ketidaktahuan ini sebagai sebuah kekhilafan yang tidak disengaja. Aamiin.

I’ll see you on my next post!

xoxo.

.

I also read these blogs for this post : [1] | [2] | [3] | [4] |

 

[edited]

by Porororica :

Choco pie sudah ada label halal-nya. Dan ternyata choco pie yang kita temuin di swalayan dengan label halal itu di produksi di indonesia. Karena tahun kemarin lotte baru buka pabrik baru buat produksi choco pie di daerah cikarang.

by Naila :

beberapa waktu yang lalu aku baca TL halalcorner kalo chochopie udah ada halalnya
mgkn bisa di cross check lg ke halalcorner nya.

by Halal Corner :

halal

32 comments

  1. untuk masalah hallal haram sih emang agak gimana gitu, soalnya kan orang kebanyakan mikirnya ah cuman ini, ah cuman segitu, ah kan saya ga tau, yang pasti bakal berujung ke hal yg kayak gini juga…😦 aaku syock serius. soalnya kakak aku sering beli kaak😦

    produk kosmetik semacam etude juga boleh kak dipertanyakan ke -hallal-annya ya emang sih dipake diluar tapi kan, kalo kita wudhu dan sholat jadinya najis dong kak:(

  2. thanks mba
    nice info

    Dlu sy smpet bljr korea & dksh tau sm dosen klo shin ramyun, dkk jg ga halal krn sblm k indo mrk masuk k cina & bbrp tulisan komposisinya udh d ganti.

  3. aku baru tau kalo pepero -dan produk lainnya- itu gak halal…. apalagi mengandung shortening…
    aku suka makan juga biskuit dari korea, tapi kalo pepero gak pernah. tapi sama aja…
    semoga mereka mau bikin sertifikat halalnya, makasih ya kak infonya😀

    1. yang paling penting sebenarnya bukan apakah mereka mau atau nggak ngeluarin sertifikat halalnya karena ini yg mengeluarkan MUI.. Kalau ada yg tidak halal komposisinya, berarti harus ada yg dihilangkan untuk mendapatkan sertifikat itu, tp kalau dari perusahaannya sendiri nggak bersedia untuk mengganti beberapa komposisi ya selamanya produk itu nggak halal maupun akan dapat serifikat halalnya.

  4. Makan Pepero sih gak pernah, tapi Choco Pie? Hiks T-T
    Mana mama dan aku juga suka😦
    Saatnya kembali makan better dan beng-beng. #kaburkewarung

  5. Jadi mikir, waktu itu jadi makan Pocky nggak ya? Rasanya nggak jadi, tapi nggak tahu juga.
    Semoga Allah mengampuni ketidaktahuan kita. Emang kalau yang meragukan lebih baik ditinggalkan, ya, Kak🙂
    Makasih sudah berbagi informasi yang bermanfaat, Kak🙂 .

  6. nice info kak🙂
    tapi kenyataan pahitnya aku sering juga mengkonsumsi kitkat greentea, chocopie, bahkan banana uyu.
    mending ngga usah dulu deh ya😦

  7. Ahhhhh AKHIRNYA.
    well kak aku termasuk konsumen bawel soal label halal di produk makanan.
    Produk setipe pepero emang rerata gak ada yang halal. Kalau maen ke minimart, produk setipe pepero yang suka nyempil sebelah sebelahan sama lotte itu juga gak halal. (Merek glico seinget aku).

    Saking pengennya aku makan pepero aku sampe ganyang ke indomaret atau alfamart sekalian gudang rabat yang jual produk macam ini berlabel halal. Lalu aku nemu lucky! Itu produk stick cokelat yg ada label halalnya. Uyeaah. Bagi yg suka pepero bisa substitusi sama merek lucky.
    Atau kalau masih sangsi bisa coba ganti makan nyamnyam lagi kaya jama 96-an. Hihi.

    Sekian. Semoga komenku membantu maniak biskuit stik!

  8. Choco pie sudah ada label halal-nya. Dan ternyata choco pie yang kita temuin di swalayan dengan label halal itu di produksi di indonesia. Karena tahun kemarin lotte baru buka pabrik baru buat produksi choco pie di daerah cikarang.

    1. Hai, permisi ya sebelumnya…
      Sebelumnya aku mau ngasih info aja dari pengalamanku. Sekitar pertengahan November 2013, aku belanja di salah satu supermarket di Malang. Di sana aku nemuin choco pie dan kaget banget choco pie udah masuk supermarket. Waktu itu aku kecewa soalnya belum ada label halal.
      Terus bulan lalu aku lihat lagi, udah ada label halalnya. TAPI, itu choco pie yang sama, dan label halalnya cuma berbentuk stiker (bukan tercetak langsung di kotaknya kayak makanan kebanyakan). Jadi aku dan temen-temenku tetep sulit buat percaya kalau choco pie halal.
      Aku cuma penasaran apa ada website terpercaya yang bisa memastikan kalau Choco Pie beneran halal? Thanks🙂

  9. Wah, kalau begitu emang agak susah, ya. Habis produk keluaran Lotte udah banyak yang berkeliaran di Indonesia. Harus seleksi lebih ketat lagi, nih tentang makanan apa yang bakal kita makan. ._.

  10. akhirnya ada yang mengulas ini juga
    udah beberapa kali aku ke lottemart dan berharap pepero udah halal, tp sampai skrg belum juga, pdhl pengen banget nyobain pepero😦
    hmm ternyata memang produk2 dari lotte perlu ditanyakan lagi halal atau tidaknya
    cuma sedikit ralat sih kak, beberapa waktu yang lalu aku baca TL halalcorner kalo chochopie udah ada halalnya
    mgkn bisa di cross check lg ke halalcorner nya

  11. Aku -beserta teman kelasku- sukaaa banget sama ini cemilan dan setelah baca ini aku langsung buat post di grup bbm mengenai ini, dan ya semua teman kelasku alhumdulillah responnya cukup bagus, katanya si mereka sujud syukur akhir tahu.

    Terimakasih ya kak atau info-penting-nya, ini bener2 berguna banget:’)

  12. baca tulisan ini mukaku langsung o.O hahaaha, sayang banget yah ga halal tapi aku udh tebak pas awal posting “kayaanya minyak babi deh” eh bener, astagaaaa.tapi aku belum sempet beli sih. entah bersyukur atau menyesal hahahaaaaaaa *dosadosaaaa*, makasih ka infonya ^.^

  13. aku pernah makan coklat dari jepang dikasih sama ttngga, itu juga ga ada tulisan halalnya..berarti ga halal dong ya? soalnya rasanya beda sama coklat ferero rocher.. aduh ><

  14. Aaah infonya membantu banget kak, makasih banyak ya. Aku benar benar nggak tau kalo produk lotte belum ada sertifikat halal, padahal aku sering beli juga sih >,<

  15. Dista, suka post kamu yang ini menambah info mengenai makanan impor halal dan yang belum halal dari korea. aku belum pernah mencoba pepero ini, tapiii dulu aku penggemar produk2 Glico (jepang), sekarang sudah taubat untuk mengerem dan menyeleksi makanan maupun minuman yang belum ada label halal.

    Memang sekarang banyak makanan dan minuman impor baik siap saji ataupun yang menggugah mata banget buat dicobain. Aku salah satu penggemar kopi2 instant, dan snack2 berbau cokelat dan caramel. Kalau lgi di Aflamart atau Indomart, selalu ngecek beberapa brand jepang maupun korea (untuk makanan atau kopi) sudah ada label Halalnya belum. jujur, kalau hanya berlabel halal dari komunitas muslim dari negera pengimpornya, aku juga masih ragu sih, karena sebagai masyarakat awam, hanya bergantung pada label Halal dari MUI. itu yan resmi di Indonesia.

    Tapi, aku tetap ya, berharap suatu hari nanti produk2 Lotte maupun Glico atau apapun dari korea dan jepang bisa ada label Halal MUI. Seperti Choco Pie Marshmallow yang sudah berlabel Halal MUI.

    Sekali lagi, thanks Dista untuk infonya….sangat bermanfaat;)

  16. Kak itu ga halal? ._.
    Duh
    Aku demen bgt beli jajanan yg ada di minimarket produk2 korea dket kampus dan aku sering beli es krim,ramyeon,dan pepero ini sndiri
    Dan aku emg tau g ada kode halal yg tertera tp aku jg berpikiran kaya kakak soal ‘alah kan cuma coklat,cuma mie instan,cuma es krim” but ya siapa yg tau proses buat nya kan ya …
    Baiklah kak..aku bkal lebih ati ati buat beli sesuatu jajanan impor
    Dan makasih buat info ini sangat membantu kak🙂

  17. Untung aja ak blm sempet beli atau makan pepero.Tpi yg kubaca dri ulasan diatas,pocky blm ada label halalnya.Padahal ak sering makan dan beli pocky.Ya Allah,ampuni dosaku krna makan makanan yg tak kuketahui sumber halalnya.Aminnn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s