Tentang EXO dan 88.

EXO 88

Ini bisa jadi isu yang udah cukup lama, tapi mungkin juga nggak. Tapi sejak EXO mulai bergaya dengan jersey basket dan baseball sejak album WOLF keluar, angka-angka yang mereka pakai di belakang punggung masing-masing pastinya menimbulkan pertanyaan sendiri. Kenapa mereka memilih angka itu dari semua angka yang ada? Kenapa Luhan pakai angka 7? Kenapa Kris 00? Kenapa Sehun 94? (oh, kalo Sehun kali angka kelahirannya. Secara dia bangga sama statusnya sebagai maknae. Ya bisa jadi… XD)

Oke, kita kesampingkan dulu angka-angka personal di atas. Sebenernya yang bikin aku lebih tertarik adalah, kenapa mereka memilih angka 88 buat angka grup yang dipakai di semua jersey mereka di saat awal comeback. 88 adalah salah satu satuan angka yang cukup berarti buat aku, ya soalnya itu tahun kelahiranku! LOL. Dan karena anak-anak EXO yang pakai, sebagai fangirl noona, kadang kami menghibur diri sendiri dengan “oh anak-anak EXO sangat mendukung 88-line fangirl noona, yes?!

Cuma kelamaan, muncul juga pertanyaan itu. Dari semua angka, kenapa harus angka 88 ya?

Jawabannya ternyata sangat sederhana. Dengan hanya satu keyword “88″ masuk di google, dan aku menemukan berbagai macam jawaban yang bisa menjelaskan pertanyaan di atas.

Dan dari berbagai jawaban itu, ada satu poin yang paling memungkinkan. Saat aku membuka tautan artikel di wikipedia, aku menemukan sebuah penjelasan, bahwa—

Dalam istilah radio amatur, 88 digunakan sebagai simbol “Love and Kisses” saat menyampaikan sebuah pesan. Ini bisa dipakai dalam bentuk pesan suara (radiotelephony) atau kode morse  (radiotelegraphy) dan berbagai bentuk mode digital lainnya. Kode angka 88 ini bisa dibilang jauh lebih sarat digunakan dengan kesan yang lebih dalam dibanding angka ’73’, yang artinya ‘best regards’, meski gitu konon angka 73 ini lebih sering digunakan. Dan kadang, dua satuan angka ini juga bisa dipakai bersama, tergantung situasi kayaknya😄

Dan kebetulan banget kan album mereka juga berjudul XOXO, yang artinya Kiss and Hug. Dari urban dictionary, aku juga menemukan etimologi dua huruf ini—X dan O. Kamu bisa baca di bawah ini.

XO

Kamu bisa baca arti lainnya dari X dan O dari tautan di atas.

Aku juga keingetan sama banner-nya EXO saat album XOXO keluar, yang dia bilang EXO the First Class. >>

EXO-1st

keingetan sama sesuatu nggak sih saat liat ini? Karena yang ada di kepalaku saat pertama kali dengar tagline itu, adalah ini >>

300x250_xmenfirstclass_logo

di saat yang sama konsepnya EXO adalah anak-anak yg datang dari Planet EXO dengan kekuatan supranaturalnya masing-masing. … jadi macam sekolah untuk para anak muda ‘berbakat’ gitu kan ya, boleh juga sih. Mereka bisa dibilang berbakat—bakat nyanyi ada, bakat ekting, bakat main bola, bakat ngebanyol, bakat odong😄

Oke, balik lagi ke angka 88. Dari Gurupop, aku menemukan sebuah penjelasan lain mengenai asal muasal dari angka 88 ini.

Jadi para fans di Korea berasumsi bahwa angka 88 di teaser XOXO itu terinspirasi dari film Lone Wolf yang dirilis tahun 1988. Film itu berkisah tentang seorang laki-laki yang terbunuh di sebuah SMA. Para siswa di SMA tersebut bilang bahwa mereka sempat melihat hewan buas saat pembunuhan itu. Dan setelah beberapa siswa ini mencoba untuk menginvestigasi insiden ini, ternyata belakangan diketahui bahwa pembunuhnya adalah manusia serigala.

Para penggemar dari Korea ini emang jagonya kalau berasumsi, kadang mereka bisa ngalahi CIA kalau sudah mulai riset dan bongkar sana-sini. Intinya, konsep comeback EXO emang nggak ada matinya untuk album XOXO dan Growl ini. Bahkan konon ada yang sampai mengaitkan dengan hari selama kita nunggu mereka naik ke atas panggung, yang ditotal adalah 426 hari. Lalu begini >>> 4+2+6 = 12. Jadilah 12 anggota EXO.

Yeah, oke jenius. XXDD

Seenggaknya sekarang sudah jelas kenapa angka 88 ini dipakai oleh team EXO untuk promosi album mereka. Aku nggak tahu jelas soal penentuan nomor punggung anak-anak ini satu-persatu, cuma dari artikel yang dirilis oleh lu-han.net pernah bilang kalau tradisi angka 7 di klub sepak bola Manchester United bikin Luhan memilih 7 sebagai angka favorit.

Kalau aku suka angka 99, dan ternyata angka itu juga dipakai sama Xiumin. Hehehe… So, that’s all for today’s issue! kamu bisa baca personal insight tentang album XOXO di sini.

Until next time! toodles!

~xoxo

12 comments

  1. Ya ampuuunn taaa aku suka artikel ini :3

    Dan apakah bakat odong juga termasuk dalam mutan? Aku tak daftar nek gitu LOL xDDD

    Iya siy terlepas dari ini aku juga suka banget sama angka 88 ini dan eerr.. Sedikit bias sama tahun kelahiranku ini hahaha

    Alasan pertama adalah:

    Angka 8 sendiri itu dipercaya sbg simbol rejeki yg unlimited soalnya garisnya ga terputus (?) Kata shio2 gitu kkkk

    Jadi kalo angka 8 aja udh kayak gitu apalagi 88 hahahahaha dobel2 rejeki amiin

    Trus yg kedua kebetulan tanggal aku lahir itu setelah imlek jdi 1988 termasuk shio naga!

    Aku suka bgt sama mitologi naga hahaha keren aja gitu :3 yah kecuali satu-ada-yg-pernah-kutemui-menjadi-anomali xDDD

    Yg ketiga a/: foto jongin pake baju 88 itu selalu keren!!!

    Hahahahahaha

    Yasudah itu aja

    #ipehyanglagimakansiang
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

    1. Iyaaa… Setauku sih orang2 chinese gitu suka sama beberapa angka. Salah satunya ya 8 ini, selain angka 9. Trus paduan angka 0168 itu jadi favorit banget.🙂

  2. Hohoho jadi itu toh rahasia “88”…

    Aku dan nuna2 (temanku) lainnya pernah bahas masalah ini tapi ga sampai googling juga sih haha… Waktu itu kita cuma sampe pada argumen bahwa :
    – Suho pake angka 1 karena dia leader sekaligus yg paling lama jadi trainee, so he worthed to be number 1.
    – Kris pake angka 00 soalnya mengingat sifatnya yg ga mau kalah sama siapapun dalam hal apapun, termasuk masalah urutan angka2 ini XDD (kurasa kalo angka 0,5 diizinkan pasti dipilih Kris, yg penting ga kalah sama Suho) lol…
    – D.O pake angka 12 itu tanggal lahirnya, 12 Januari.
    – Chen juga, 21 itu tanggal lahirnya, 21 September.
    – Lay 10, bulan lahirnya Oktober.
    – Sehun pake angka 94 itu tahun lahirnya (udah dibahas diatas).
    – kalo yang lain aku ga tau deh hehehe…

    Selain itu, menurutku ini mungkin strategi tim marketing EXO juga ya, dengan adanya simbol2 dan angka2 tertentu kayak gitu otomatis akan menarik perhatian dan bikin penasaran kan. Yaaaahh disamping fakta bahwa kemasan fisik mereka juga udah menarik perhatian banget sih hahaaaa~

    Nice article Dee ^^

    xoxo~

  3. Akhirnya nemu juga informasi seputar xoxo dan 88 nya..:)
    Aku pernah baca kak, Luhan itu penggemarnya Christian Ronaldo yang dikenal sebagai CR7, mungkin karena itu juga Luhan pake angka itu. tapi aku masih kayaknya si, kebenarannya msh belum aku tahu.. hihi
    Aku masih penasaran dengan angka yang Kris pilih, 00.
    Hebat ya mereka, bisa mikir sampai ke nomor2an, judul banner dll.
    Tetap berkarya, SM dan EXO^^

  4. Udah kenal Exo berapa lama dan baru tau arti xoxo dari artikel ini.
    Sempet terusik pengen tau artinya karena sering banget nemu kata itu di saladbowl, tapi gagal mulu karena males googling. Hehe~

    Thanks kak, serius ini manfaat banget.😀

  5. konsepnya EXO itu bener2 keren gk ada duanya :))

    sumpah…gua tergila2 ama tuh konsep. jenius banget SM buat ngambil peluang dupasar…klok gk salah waktu itu yg lagi booming artis YG yang ini lah itu lah

    Daebak!!!

  6. soal kakak yg bilang kalo penggemar Korea ini kalo nyari info nya hebat melebihi CIA, aku ketawa ngakak LOL😀
    mereka emg patut diacungin jempol banget buat urusan kyk gini :p
    btw makasih info nya kak ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s