Pemberitahuan: All Password is OFF-LIMIT.

Hei, guys.

Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya kenapa aku tiba-tiba aja menutup request password untuk Rendezvous. Apa penyebabnya, atau apa masalahnya. Di post ini aku akan jawab untuk kalian alasannya.

Seperti yang sudah aku update di twitterku 2 hari yang lalu, beberapa hari ini sebenarnya aku agak malas membalas email-email dan mention yang masuk untuk meminta request. Alasannya, bisa dibilang aku sedang mengalami apa yang kamu bisa sebut dengan krisis kepercayaan kepada beberapa di antara pembaca.

yang pertama, satu dua orang secara tidak bertanggungjawab menyebarkan password yang sudah kubilang, bahkan aku memohon, untuk tidak disebarluaskan.

dan yang kedua, beberapa orang, dan ini lumayan banyak, memalsukan umur mereka lebih tua supaya mereka bisa mendapatkan password.

Dan gimana aku bisa tahu? Well, I just knewLet’s say that I am not that stupid myself.

Permalasahannya di sini adalah, bila diruntut dari awal, aku bukan tipe penulis yang akan menggembok tulisanku tanpa alasan. Pasti karena ada konten yang ingin aku saring hanya untuk pembaca-pembaca tertentu aja. Bisa itu tema sugestif yang mengarah pada kekerasan, seksual, atau kata-kata verbal yang belum waktunya dikonsumsi oleh anak-anak di bawah umur yang aku tentukan.

Sebagai seorang penulis, tentu aja aku ingin tulisanku bisa dibaca dan dinikmati banyak orang. Semakin banyak yang tau, semakin baik. Tapi di saat yang sama, aku nggak menulis hanya untuk memuaskan hasrat kamu terhadap imajinasi apapun yang kamu punya. Aku pun punya tanggungjawab moral yang harus aku ampu. Aku punya prinsip tersendiri yang harus aku jaga karena aku nggak mau menulis bacaan sampah yang hanya kamu nikmati sambil lalu tanpa bisa diambil intisarinya.

Aku nggak mengunci tulisanku untuk menarik banyak pembaca, karena aku ingin di-follow atau dicari” hanya untuk minta password. Buat aku yang penting adalah seberapa besar pemahaman yang bisa diambil dari sana.

Beberapa di antara pembaca boleh aja menyebut aku konservatif ataupun kuno dan sebagainya karena menyaring bacaan yang menurut mereka “ini sih biasa aja, nggak perlu digembok juga”. But you know what? Tiap orang memiliki konsep yang berbeda dalam menentukan bacaan mana yang cukup edukatif dan tidak sesuai umurnya. Bacaanku dan bacaanmu berbeda, begitu juga dengan prinsip kita.

Para pembaca lamaku kurasa sudah cukup mengerti gimana watakku mengenai hal semacam ini, tapi bagi pembaca baru, aku hanya ingin memberi tahu, bahwa aku lebih strict tentang peraturan batas bawah umur.

Sebenarnya mudah aja untuk melihat apakah kalian sudah berumur atau nggak. Aku bisa kasih cepat password yang kalian request ketika aku yakin benar kalian nggak bohong. (biasanya aku akan langsung cek ulang kalo orang ini manggil aku ‘thor’, atau ‘chingu’ atau ‘eonni’.)

dan ya, aku ngecek. Entri twitter, email, dan ID commentbox aku cek untuk memastikan aku nggak kecolongan. Emang nggak semuanya sih, hanya beberapa yang aku gak yakin benar aja. Kadang aku bisa langsung kasih, dan kadang itu juga yang bikin aku kecolongan.

Intinya hanya satu. Aku nggak suka dibohongi, atau dikhianati. Sekali aku tau kamu bohong, atau nyebarin password yang aku kasih, aku selalu punya nama orang-orang ini di buku hitamku.

Sebagai penulis online aku hanya punya ini untuk melindungi tulisanku sendiri. Jadi maaf kalau aku terdengar arogan dan sangat menyebalkan di sini, aku hanya ingin menyampaikan unek”ku aja. Selama ini aku sudah cukup diam dan membiarkan ulang beberapa oknum yang nggak bertanggungjawab ini bohongin aku seperti orang bego. Tapi kali ini kurasa cukup.

Aku sedang memikirkan gimana jalan keluarnya untuk masalah ini nanti. Terutama karena masih ada satu (atau dua) chapter Enchanted yang harus digembok lagi nanti-nanti. Tapi untuk sementara ini, sampai aku bisa menemukan jalan keluar yang baik untuk semua, aku memutuskan untuk hanya memberi password pada para pembaca lama yang sudah aku kenal dekat.
Oke, mungkin aku akan kasih password ke pembaca baru juga, tapi hanya kalian yang aku percaya, atau yang bisa membuat aku percaya kalau kalian cukup umur untuk membaca. Terlebih lagi, kurasa aku akan meninggikan batas bawah umur, nggak lagi 18, tapi 21 tahun. Dan ini nggak hanya berlaku untuk Enchanted aja, tapi untuk semua fiksi tertutup yang aku tulis.

Aku hanya ingin memberi password pada teman-teman yang benar-benar mengerti dan menghargai apa yang aku tulis selama ini. Karena hanya kepercayaan itu yang aku punya untuk kamu.

Maaf untuk kamu yang nantinya nggak bisa baca beberapa post yang diberi password. Kamu bisa membaca garis besarnya di chapter selanjutnya saat aku update baru. Mohon bisa dimaklumi, terima kasih banyak untuk dukungan kamu yang sudah membaca semua tulisanku. Dan maaf, kalau keputusan ini sangat mengecewakan beberapa di antara kamu.

.

.

Regards,

Dista Dee.

~xoxo.

PS: in case kamu punya pertanyaan yang ingin kamu tanyakan mengenai fanficku atau dunia tulis menulis. Atau okelah, apapun aja. Silakan kunjungi ASK.FMku di sini.

36 comments

  1. aduh.
    memang sih, banyak yg ga jujur gegara pgn baca ff itu. mungkin saking penasarannya. dan aku jg agak kaget sih searching2 dari dunia maya, kebanyakan reader atau autjor itu dibawah 17 tahun. genrenya hampir nc. ya ampun.

    jadi untuk chpater selanjutnya cuma buat 21 thn ke atas mbak? duh syg banget. umurku 20 thn😦
    tp gpp deh.:)
    semangat kaaaak :))

  2. Dmmm jadi sedih banget. Jadi aku baru bisa baca Enchanted 3 tahun lagi, dong?😦 Ok aku hargai keputusan besar Kak Dista, dan aku salut banget kalau Kak Dista punya prinsip yang kuat. Masalahnya nih kak, kemaren aku udah dapet password Enchanted via DM. Tapi aku buka lewat Hp, Tab, dan laptop tetep nggak bisa. Apa itu artinya Enchanted udah ganti pass atau gimana kak? Makasih dan semangat!

  3. aku bisa ngerti apa yang kamu rasain karena aku juga seorang author. tapi menaikkan batas umur pembaca menjadi 21tahun agak sedikit berlebihan. mengingat fungsi gembok adalah untuk menutupi tulisan tak seronoh, kalo tulisan yang kita buat masih dalam taraf G atau PG yang berarti -20 masih bisa ngebacanya kenapa malah harus 21tahun?
    well itu hak kamu untuk buat peraturan disini, aku hanya mengemukakan pendapat dan semoga gak menyinggung perasaan kamu🙂

    keep writing, i like your enchanted:)

  4. Saya menghargai apa yang mbak dista khawatirkan. Dan maaf untuk yang kemarin telah sempat berfikir ini tidak adil dalam pembagian password. Meskipun saya sudah 18. Dan saya memang harus menunggu sampai 21.🙂

  5. Wah, Kak Dista. Aku baru online lagi dan pas banget ada lanjutan Enchanted. Aku baru save aja, hari ini belum ada waktu baca. Tapi pas aku scroll ke bawah, nemu link untuk tulisan ini.
    hemm, aku paham sih Kak sebelnya gimana dibohongin. Aku juga pernah dapet kasus semacam ini, di mana ada yang menyebarkan password yang udah diwanti2 untuk ga disebarluaskan.
    Apa pun keputusannya, pastinya aku hargai.
    Tapi, aku mau nanya nih Kak. Kan nanti kalo ada part yang digembok, gemboknya cuma dikasih ke pembaca yang udah kenal dekat dan kalopun pembaca baru, yang bisa meyakinkan Kak Dista kalo si pembaca itu bener2 udah sesuai ketentuan dan ga bohong.
    Nah, aku penasaran aja sih.heheh. Karena umurku udah 21 tahun lewat dan nyaris 22, secara teknis udah sesuai. Cuma aja, kira2 yang kaya gimana ya biar Kak Dista percaya saat aku minta password nanti, soalnya aku pembaca baru. ^^
    Sekian pertanyaanku😉

  6. hai kak …… aku sedih beneran waktu baca ini .. (uh, apa lagi pas baca batas umur) haha tp kalo itu yg terbaik buat kak dee dan ffnya, its ok^^

    i love enchanted ~~~~~~~~~~~❤

  7. um gitu ya chingu,,,
    makanya aQ ga dikasih password,
    cz Qm masih blm percaya ama aQ…
    pantas tiap buka email ga dpt balasan dr Qm,,
    kl d twitter, cm aQ yg follow Qm , Qta ga slg follow…😦

    padahal aQ ga ngasih password ke siapa”,,,
    umur aQ juga udah 22 menjelang 23 thn…
    tapi yah gimana lg,,
    it depends on u,
    kl Qm msh blm mau ngasih aQ ga bs berbuat apa,,🙂

  8. Yah gimana dong mau di gembok, malah aku masih dibawa umur hiks hiks hiks tapi aku hargai deh mudah’mudahan thornya berubah pikiran dan ngga jadi bikin gembok hehe, tapi thor gini maaf ya saran dikit kalo tulisannya ngga terlalu senonoh atau masih dalam batas wajar buat dibaca anak dibawa umur mending ngga usah di gembok thor misalnya kiss tapi kalo ada yg berlnjut sampe yg ke ML atau lebih parah lagi mmng sbaiknya digmbok, kalo buat enchanted sebaiknya jangan buat ceritanya ke hal2 kaya gitu thor lebih baik romantis kaya gitu perasaannya lebih dapet dan bisa bikkin pnasaran hehe. Oke itu ajar thor maaf ya kalo sarannya sedikit ngawur😀

  9. hai eonni. em sbnrnya aku agak kecewa sih, tapi yah kalau itu merugikan eon ya wajar juga kalo itu terpaksa dilakukan. aku yah jujur aja pembaca asetia enchanted, tapi masi bisa di blg silen readers, karna aku paling cmn comment di satu dua part, tp aku begitu jg ada alasan. yah walopun ga masuk akal sih, tapi setiap part dari enchanted itu memuaskan bangetttttt, aku aja sampe bingung kadang mau comment apa. wkwk, ini kok jd curhat-_-v yah yowes lah kalo mau mbak authornya begitu. keep it and ditunggu ff berikutnya!!!!!!!!:-)

  10. woah, aku pembaca baru thor. aku baru nemu author kayak kakak. biasanya author yang lain itu yg penting comment, ntar dikasih deh pw nya. yah, aku harga keputusan kakak, walaupun aku penasaran-_- tapi seenggaknya yah mengurangi bacaan nc untuk anak dibawah umur. aku dukung kok thor, tapi garis besarnya agak dibanyakin lagi yah hehehe~

  11. Akuu suka enchantedd eonnie tp yahh kloo misalnya emgg umur utk membacanya sgtu ya hrss gmnn lg akuu hrss trimaa krnaa umurku blm cukupp. Tp yah gpp yg pntgg ada garis besarnya . Oke smnggt utk nulis enchanted slnjtnya eonnie! ^^

  12. hmm… setiap orang pasti gak mau karyanya disalah gunakan. aku seruju buat alasan itu.

    nah,, buat enchanted yang di gembok, aku gak dapet waktu chapter 4 kemarin padahal udah mention. sempat kecewa juga gak di bales mentionnya (aku udah 18 tahun lohh T.T) tapi sekarang aku ngerti kakak jadi males ngasih pw karena oknum yang gak bertanggung jawab itu. semoga di enchanted ataupun ff yang lain aku bisa baca ceritanya. Aamiin

    semangat buat kakak.
    semoga bisa baca ff kakak terus🙂

  13. ng, maaf sbelum’ea, aq boleh tau gx line ‘kamu’ brp? soal’ea aq slalu bingung mau manggil dngan sebutan apa. author? eonni? ato chingu?
    karna aq belum tau jd aq manggil’ea author ajh yah? emang sih udah bberapa hari ni aq liat tweet author isi’ea tntng kecewa gtu. aq gx tau da msalah apa dan trnyata__ ini toh masalah’ea knp author menutup pass enchanted! sayang banget dong pdahal udah jauh2 hari aq mo minta pass’ea, tp bgtu liat tweet author aq jadi mikir–ahh ntar dulu deh/besok ajh kali yah–dan pas baca klo passw’ea ditutup aq jd lemes😦 pdahal umur aq dah 18, malah bulan besoq 19.
    tp mmang kdng ada sih pmbaca yg blm dewasa yg tnpa pikir panjang mnyebarkan apa yg seharus’ea tdk mreka sebarkan. tp itulah manusia thor, mreka cenderung lbih mmentingkan hawa nafsu tnpa mmikirkan sbab akibt’ea, jd gini deh bkin author kecewa.
    lakukan ajh yg mnurut author trbaik. kmi sbagai pembaca hanya bsa berharap yg trbaik.
    jngan menyerah ne. HWAITING!

  14. baru kali ini menjelang umur 23 rasanya bahagia banget haha padahal kemarin kemarin uring-uringan krn berasa banget berumurnya
    betul sih ka aku setuju sama kamu, meski apa yang kamu tulis ngga pure nc kaya ff ff lainnya *padahal yang bikin anak umur 14th!!* tapi ada unsur merujuknya
    dan emang anak dibawah umur sekarang pun ngga ngefilter apa yang mereka serap, bahkan ada salah satu muridku yang dengan bangga nya sharing ttg cerita dewasa, cewe loh, duh bawaannya gregetan pingin laporin ke sekolahnya
    kami para reader menghargai banget kok keputusan ka dista, krn emang penting banget buat ngga ngasih pw buat anak dibawah umur
    terus berkarya ya ka, hal ini jangan sampai membuatmu menjadi tidak bersemangat untuk menulis kembali :))

  15. Annyeong eonthor._. Oke, sedih juga sih umurku jauh dibawah ini. Sempet temen nyuruh aku berbuat nista—malsuin umur—kaya gitu;;;–;;; aku tau itu salah dan ide dari temenku nan sesat itu tentu aja aku tolak=-= Di sisi lain selain itu salah, aku juga bkn tipe2 reader yang nekat malsuin identitas–“. Walaupun emg penasaran musti aku kubur dalem2;;_;;
    Dan, ya , aku rasa kebijakan eonthor gaada salahnya. Ini juga ff nya eonthor. Jadi kebijakan apapun juga hak nya eonthor. Aku selaku reader cuma bisa ngikutin aja.____. Hehe. Yang penting terus lanjut ya ff nya. Aku suka banget sm ff2 nya eonthor. Ya walaupun aku trmsk dlm kategori reader baru, tapi dari yang legendary sweepstakes, aku udah lopelope dah sama ff nya eonthor;-;)/\ *apaini-__-* wkwk.
    Oiya eonthor, maaf kalo chapter2 yg sblmnya aku sadar diri jarang comment atau bahkan belom sempet comment-___-. Abisnya bb emg kadang gabisa diajak kompromi–” kadang suka reboot sendiri, kadang suka waiting moderation-___-, dll. Sedih juga kan TUT. Tapi yaudahlah, keep writing ne eonthor^^)9

  16. Setuju banget sih. Dan aku pembaca baru dan sekalinya aku baca aku ga nyebarin password dan emang bener umurku 18 tahun. Sedih deh kalo harus 21 tahun. Tapi tetap semangat :’)

  17. Ehm sebel emnk dibo’ongin,
    Ngerti koq gmn peerasaan dista,
    Ngrasa beruntung capt yαNg kmren dpt pw.a meski sempat g ßΐṡα awal.a soal.a kuota habis dan pas buka teryata pw.a dah diupgrad, dan seneng.a begitu minta lg dista dengan berbaik hati kasih, makasih bgt dista(peluk dista)
    G tau lo da kejadian gini, jd agk takut next capt dikasih g aq pw.a, secara aq reader baru, cuma tau dista dri tulisan.a az,
    Tp aq g sebar2 pw.a koq suer,
    Jd tolong pertimbangkn lg sy ya dis,,,,,

  18. kalo kata aku prinsip eonni buat ngasih pw ke readers dengan ketentuan `itu` wajar, tapi emang dasar oknum readers nya aja yang dablek. Enak enak di kasih kepercayaan malah disalahgunain. well kita anggap aja oknum itu pecundang🙂
    aku juga pngin sih baca yang di protek itu tapi yaa bagaimana yah umurku belum nyampe dan sabar aja wkwk
    you are the one of the best author eon, karena eon mentingin moral bangsa banget *hadeuhh -.-
    bagus loh memberikan proteksi yang berlapis untuk cerita yang rated, karena ya penulis itu kan tujuan salah satunya yang aku tau itu menghibur dan mengajak. nah kalo tulisan yang rated ga di protek, mungkin someday banyak reader yang jadi something bit** karena ya mereka dibebasin, sebebas bebasnya buat baca yang gonoan* tengok page nc
    thanks~

  19. hai ka dee,aku readers baru…aku suka ff km,penulisannya bagus gak berat pokoknya km itu salah satu author fav aku. aku setuju sih sama alasan km begini aku ngerti gimana gak enaknya diboongin sm readers itu,silent readerslah atau penyebar pass. aku juga masih 18 tahun terus aku juga berarti harus ngantri nunggu buat bisa baca ff km sampe umur 21 tahun hahaha… tp gpp asal kan km jangan sampe berenti buat nulis ff,nanti gak bakal ada author yg keren dan punya prinsip kaya km lg selain km,aku terus dukung apapun yg km buat… intinya harus terus semangat buat nulis ff-ff keren yg bermakna. km beda sm author lain,cm km yang juga mikirin kebaikan readers;) semangat ka dee😀

  20. Woah, aku sbg pembaca baru nyesek yaa taraf pemberian pw dinaikin sampe 21 thn:-( apalagi ke pembaca baru hanya sedikit. Tp balik lg, aku sbg pembaca baru gabisa berbuat apa2, kepercayaan ke pembaca baru buat kakak kayanya bener2 nguap gitu aja. Itu keputusan kakak, apa yg kakak lakuin kan buat keamanan tulisan kakak. Ohiya yg digembok, kalo bs ada cadangan yg gadigembok, biar ga penasaran kak, tp kata2 yg ga senonong di lewatin kak._.Semangat kak dista:-)

  21. ohya, pantas saja baru kemarin aku minta password ternyata sudah tutup.
    makasi penjelasannya ya…
    Walaupun menyayangkan aku ketinggalan teka teki masa lalu Jo dan Luhan serta bagaimana pertama kali bertemu Jongin TT, tp aku menghargai keputusan Dista.
    Sukses terus ya..
    PS: masih tidak percaya kalau ada orang yang menuakan dan melegalkan dirinya demi password

  22. aku salut sama penulis online kayak kakak🙂 karya2 kakak sangat bagus..aku bener2 salut sama kakak.
    ” Buat aku yang penting adalah seberapa besar
    pemahaman yang bisa diambil dari sana. ”
    kbanyakn penulis online emang suka nge-gembok cerita mereka untuk menarik banyak pembaca, tapi aku salut sama kakak karena kakak begitu bijak.. yang terpenting adalah seberapa besar pemahaman yang bisa diambil dari sana..
    aku menghargai keputusan kakak, kakak hanya berusaha untuk selektif memilih pembaca yang ingin membaca karya kakak yang di protect..krn setiap cerita yang kakak buat itu tanggung jawab kakak, jika ada cerita yang ratingnya tinggi dan dibaca oleh anak seumuran ku ini bisa aja merusak kepribadian anak itu krn belum wktnya belum mengetahui hal2 yang bersifat dewasa..
    sekiranya itu yang aku tangkap dalam tulisan kakak kali ini.
    oh ya, kakak termasuk dalam salah satu penulis favorit ku🙂 aku bener2 salut sama kakak🙂 semoga kita bisa kenal lebih dekat.. ::)).

  23. kak, aku baru baca unek-unek kakak ini. Okelah aku emang terhitung pembaca baru kakak. Aku ga masalah kakak ga ngasih password ke aku, atau nge-gembok FF2 kakak. Aku justru suka sama prinsip kakak! Yah emang sih aku penasaran banget sama sesuatu yang di gembok itu :p tapi aku tau kok kakak pasti punya maksud sendiri. Jadi aku ga permasalahin hal itu. Kepercayaan itu mahal kak. Aku juga orangnya kyak kakak, sekali aku di khianatin, aku bkal susah percaya lagi sama orang itu. Jadiiii aku sangat2 setuju sama kakak, kita satu pemikiran. Uhm btw aku kan pembaca baru nih kak, aku sih berharapnya kita bisa kenal lebih deket lagi, hehe :p

  24. Sabar Kak Dee /pukpuk
    Setelah membaca Five for Fighting sampai tamat, saya langsung “Ah, This author soo awesome.”
    and this! Kenapa saya begitu bangga bisa fans dengan kak Dee.
    Menulis itu bagus, tapi menjaga moral anak di bawah umur lebih bagus lagi.
    Good Job, Kak Dee.^^b

    Anw, untuk pertamakalinya saya bahagia berumur di atas 20. HAHAHA.

  25. Aku baru aja 18 kak. Tapi gapapa sih nunggu 3 tahun lagi, kalo kakak bersedia ngasih password rendezvous, aduh penasaran apasih yang mereka lakuin pas musim panas disana. Hihihi.

  26. Mampir ke blog, mau search tulisanmu mengenai gay thingy yang aku jadikan inspirasi dan mau kusertakan sebagai reference, kemudian tertarik membaca ini.

    Aku setuju mengenai batasan umur. Meskipun hanya umpatan, kalau itu sedikit kebablasan, aku lebih memilih proteksi. Aku pikir, arogansimu adalah hal wajar setelah apa yang mereka lakukan padamu. Well, good luck. Aku menunggu karyamu di AFF. ^^

  27. huaaaaaaaaaa aku gabisa baca next chapnya dong thor? T_T aku belom menuhin rulesnya, secara aku masih 13yo huaaaaa, tapi gapapasih kalo memang katanya ada errrrrr ncnya, soalnya aku takut sama nc.———-.

  28. Wah, kak! udah lama g update twitter dan baru buka blog kakak hari ini. Sempet shock juga pas baca ini coz baru mulai mo baca enchanted (ketahuan banget lo kudet). Well, salut sama prinsip kakak buat para pembaca. Cuma isa berharap aku jadi salah satu pembaca yang dipercaya ma kakak…

    ps: baru kali ini ngerasa bahagia dengan kepala dua di umurku, padahal biasanya berharap umur berhenti di angka 19😛

Leave a Reply

