How Yiruma and Yoon Han Serenade Me.

pianists

Kalau kalian biasa mendengarkan musik-musik instrumen piano mungkin sudah nggak lagi asing dengan para pianis kondang asal Korea Selatan ini. 

Aku ngikutin musiknya Yiruma sejak bertahun-tahun yang lalu… ehem, oke, aku koreksi. Lagu pertama Yiruma yang kudengar adalah River Flows in You sekitar tahun 2001 atau 2002, aku dengar di rumah seorang teman pianis. Saat itu aku nggak ngerti bener siapa yang main, dan karena pada saat itu mp3 masih belum sepopuler sekarang, yang bisa aku lakukan adalah minta sang temen ini buat ngopy itu lagu ke dalam kaset.

River Flows in You ini kemudian muncul lagi bertahun-tahun kemudian saat film Twilight populer, dan ini lagu konon entah gimana caranya disamakan dengan Bella’s Lullaby aransemennya Carter Burwell (yeah, aku juga nggak tau darimana datangnya, padahal melodynya jelas beda banget). Di youtube banyak yang memakai judul Bella’s Lullaby tapi lagunya River Flows in You, dan itu bikin aku serta merta mendengar lagi lagu favorit yang telah lama nggak aku dengar. Dari sana kemudian aku mulai mengenal nama Yiruma, dan mengumpulkan album-albumnya dari jaman First Love, sampai yang baru-baru ini keluar: Blind Film.

Saat pertama kali liat song-listnya di album ke-delapan ini, aku semacam ‘wow, Yiruma main klasik. Tumben.’. Terutama ketika aku menangkap judul Waltz in C Minor, musik gubahan Chopin yang belakangan sering banget aku dengerin sejak Ryeowook mainin aransemen ulangnya di VCR Storm di SS4. Tapi ternyata setelah dimainkan satu-persatu, ekspektasi aku keluar dari jalur.

Tentu aja ya, kalau memang dia mau cover musik klasik siapapun, aturan dia nulis nama komposernya di judul musik tersebut. Aku nggak kepikiran sampai sana. Waltz in C minor, lalu Serenade in D yang kupikir awalnya punya Mozart, ternyata musik yang di-compose sama Yiruma sendiri. Dan aku harus bilang, ini keren.😀

Sebenarnya album ini nggak ada bedanya sama album-album dia sebelumnya, beberapa musiknya juga nggak terasa lebih istimewa. Cuma memang album ini lebih terasa sorrow-nya dibanding album-album yang lain, mungkin karena pengaruh Waltz dan Serenade kali ya? hehehehe.. Sepanjang pagi hingga sore ini mendengarkan ulang album Blind Film, dan album ini cocok kalau kamu sedang mellow, atau sedang ngerjakan sesuatu dengan suasana yang mendayu, tenang, dan nggak terburu-buru. Lay back and relax.😀

Untuk kalian yang ingin rekomendasi lagu-lagu paling oke di tiap album, kalau buat aku Waltz in C minor piano sama cello di album Blind Film ini yang paling aku suka. River Flows in You sama When the Love Falls favoritku di album First Love. Aku suka semua lagu di album from the Yellow Room dan juga Movement on a Theme, terutama 나에게로 (To My Heart) featuring Swin. Ah, terus River Flows in You versi vocal yang dinyanyiin Ruvin, dan Kiss the Rain vocal 4 Men & Mi. Yiruma juga pernah menyanyikan sendiri lagu River Flows in You di satu panggung, atau lainnya ketika Tim jadi bintang tamu.

dari Yiruma juga akhirnya aku kenal Yoon Han, pianis jazz yang tiba-tiba muncul di Mamma Mia episode 18. Beda dengan Yiruma dengan musiknya yang …. gimana ya cara mengklarifikasikan musiknya Yiruma ini. Kalau dulu, aliran yang lebih pop dari musik klasik itu disebut dengan musik kontemporer, atau mungkin sekarang disebutnya New Age juga. Tapi kapan hari Yiruma pernah bilang kalau dia bukan artis New Age. Jadi kita sebut apa dia?

Balik lagi ke Yoon Han, kalau dia ini lebih ke jazz. Ditambah lagi, dia menyanyikan sendiri lagu-lagunya itu, suaranya oke loh! hehehehe…. Aku baru belakangan ini juga ngikutin musiknya sih, awalnya beli album dia yang For This Moment  itu gara-gara jatuh cinta sama lagunya yang berjudul Cappuccino. Albumnya dijual lumayan murah di itunes, seharga 49ribu aja. Mari shopping!

ini versi asli lagu Cappuccino, tapi sebenarnya yang aku suka itu versi akustiknya. Lagu yang dia mainkan dan nyanyikan buat Park Eunyeong di acara Mamma Mia itu.

Yoon Han memang bukan orang baru di industri musik Korea. Dia komposer yang pernah aransemen OST Sungkyunkwan Scandal, dan bahkan pernah jadi pemeran utama di musikal Moby Dick ‘Ishmael’ sebelum akhirnya mulai muncul di variety show. .. belakangan ini kalian mungkin juga akan mulai mengenali dia, kalau ngikutin WGM. Dia dipasangin sama aktris Lee Soyeon. Aku nggak akan komentar soal itu. *gigit bantal*.

Yiruma sama Yoon Han sama-sama punya bakat yang luar biasa, semua orang tahu itu. Meski mereka bergerak di jalur musik yang berbeda, tapi medianya sama. Dan umm, kalo didenger-denger, suara mereka juga mirip-mirip gitu, hahaha… I love them both!

So, what’s your fave?😀

====

in case kamu mau donlot beberapa album Yiruma yang dulu-dulu :

Yiruma — First Love | From the Yellow Room | Movement on a Theme (1st) | Movement on a Theme (2nd) |

14 comments

  1. Wohoo. . Kamu tau yg dinyanyiin 4men , MI & rapper ‘yg aku gak tau namanya’ juga yah?

    Favorit bgt emang River Flows in You itu, aku taunya bru th 2007, dari tmen kampus yg suka musik2 bgtu. ^^

  2. Kalau Yoon Han aku memang udah suka, ya waktu nonton mamma mia……🙂 sumpah keren banget kak waktu nyanyi lagu cappucino tuh.

    Apalagi waktu dia mainin ‘when u wish upon a star’. . . merinding dengernya. . .

  3. Halo mbak dee, aku tau yiruma itu waktu sma, sekitar 4 tahun yang lalu dan aku pikir dia itu orang jepang. aku suka kiss the rain sama spring time hehe. kala yoonhan aku malah baru denger😀 soal yiruma temenku juga ada yang suka banget. hehe

  4. halo kak dee.
    reader baru di sini. salam kenal.
    baru buka blog ini langsung kepincut sama postingan ini. ff nya nyusul kubaca ya. haha /slap

    aku sukaaaa banget sama Yiruma dari jaman dahulu kala. sampai pernah bercita-cita jadi pianist gara-gara terlalu terpesona sama permainan pianonya *cipok om Yiruma*
    dan aku hampir suka semua lagu-lagunya.

    kalau yoon han aku juga baru tahu dari mama mia. dia sih lebih cute lhihih
    nyadar gak sih, mereka berdua ini agak mirip mukanya. haha.

  5. aq suka yoon han..
    cappuccino, marry me, someone, once again, dan lagu just a lil bit yg dinyanyiin nuest keren banget..
    ditambah visual&suara yg keren, dan pembawaannya yg tenang tapi humoris..
    kl boleh aq juga nambahin dy cocok banget sama soyeon..
    semoga ada kesempatan yoon han nampil di Indonesia..
    aamiin

  6. Salam kenal mbakk de,
    Saya suka sama yiruma keinget waktu itu pas baru beli hp, biasanya kan klo beli hp langsung di kasih memory card. Lah di situ ada lagunya yiruma yang kis the rain,.
    Kepincut deh sama lagunya yang slow gimana gitu, sampai saking senangnya sama yiruma semua lagunya saya punya.
    Paling suka yang canon in d major, Sama love me.
    Setiap hari ada keharusan untuk dengerin lagu yiruma..
    Dan karna saking seringnya dengerin musik intrument yiruma, sering di ejek sama temen katanya manusia primitif karna masih jamannya dengerin musik intrument..
    Okk ini terlalu panjang hehe..
    Anyeong..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s