EXO “KISS&HUG” – a Personal Insight

exo (1)

It’s EXO time!!

Sepertinya dari pagi tadi timelineku sama sekali nggak berhenti dipenuhi euforia orang-orang yang mendengarkan album terbaru EXO. Yes, albumnya rilis pagi ini, bersamaan antara versi Korea dan juga Mandarinnya. And it was,  no, it IS … AWESOME. 

Kalau ditarik lagi dari awal, aku baru benar-benar menggilani adek-adek unyu ini sekitar pertengah bulan Maret kemaren, atau awal? aku lupa. Oke, aku tahu. Aku pernah bilang nggak akan mau jatuh ke lubang yang sama dua kali tentang tergila-gila sama brondong. YES, aku sudah baca kalimat itu bolak-balik di tulisanku sebelumnya. AND YES, I feel ashamed to myself for being an inconsistent jerk. Kalau boleh aku menyalahkan orang, maka aku akan mengutuk si super BRENGSEK UKWONISM karena udah menyumpali mata dan telingaku segala hal tentang Kris dan bikin aku keranjingan laki-laki-sangar-yang-suka-maen-sama-plushie itu. Dan belum sampai di sana, ternyata satu grup mbokde-mbokde nggak waras semakin menggilai anak-anak ini dan bikin aku jadi ketularan. Dari Kris, lalu Tao, Luhan, Lay, Kai, Park Chanyeol … okeh, sebutin aja satu-satu membernya.o_O

Oh, we’re talking about XOXO album. Oke.

Pada akhirnya EXO balik ke atas panggung lagi. Haha. Aku bukan termasuk penggemar yang gila atau galau nungguin mereka kombek gitu juga sih, I mean, if they do – it would be good. But if they don’t – yeah, well, I’m good enough listening to MAMA everyday though. Lagu-lagu mereka cukup berhasil bikin aku tetap melek saat nyetir sendirian, soo …

Berita soal WOLF keluar itu sudah cukup lama. Sekitar sebulan atau dua bulan yang lalu aku dengerin lagunya ketika bocor pertama kali. Itu juga sudah cukup telat, sekitar seminggu setelah bocor itu aku baru dengerin. Itu pun kalau aku nggak dikasih tau, kurasa aku nggak akan pernah tau soal Wolf.

Hal pertama yang aku komentari. … Fangirls, kembali berulah. Kudengar lagu ini banyak dibully ketika pertama kali bocor. Mereka bilang lagu ini semacam lelucon, some kind of ridiculous dan lainnya. But am I the only one who thinks the song quite cool? kurasa nggak, tapi kurasa juga aku salah satu di antara sedikit orang yang sangat menyukai Wolf. Dan ini nggak bias ya, bukan karena aku suka EXO lalu segala hal menjadi segalanya paling oke. Kris is the worst member in musical talent, there I said, yet he’s my bias anyway.

Balik ke Wolf, yang aku nggak ngerti adalah apakah orang-orang yang bilang Wolf itu ridiculous, atau gimana beberapa melodinya terasa aneh di beberapa tempat, “the worst song I’ve ever listened to” bener-bener sering aku denger dari beberapa fangirl yang mengatakannya dari hati, atau hanya ikut-ikutan mainstream para international fans yang bilang gitu. well, siapa tau iFans itu juga ikut-ikutan mengatakan hal yang sama, karena apa? This is all part of SM marketing strategy.

Banyak fans yang menyayangkan banyak lagu dari album versi Kiss aka Korean version bocor beberapa hari sebelum rilis. Membanjiri twitter buat menghasut para followersnya nggak dengerin lagu itu, dan juga ikut mengutuk SM dan siapapun yang nyebarin lagu-lagu yang bocor itu. But you know what? Peraturan pertama dalam reversed psychology, kalau kamu ingin mempengaruhi cara pikir sebuah lingkungan, maka berikan mereka sebuah doktrin yang berisi sebaliknya. Semakin mereka nyuruh nggak dengerin, semakin mereka nyuruh nggak nyebarin, maka akan semakin banyak orang yang nyebarin dan mendengarkan. Dan kalau diurut-urut lagi dari awal, percaya nggak sih kalian, kalau orang yang pertama kali ngepost himbauan semacam itu adalah si uploader itu sendiri.

Voila! Tim marketing SM.

Dan aku nggak akan menjelek-jelekkan strategi baru SM ini, meski di antara kalian mungkin ada yang nggak setuju dengan cara itu (hanya karena kebencian menahun kalian terhadap perusahaan ini). Mereka nggak salah, mereka nggak ceroboh. Buat aku, mereka jenius.

Aku yakin proyek XOXO ini bukan semacam mainan jadi yang dibikin kemaren sore, lalu macam Lee Soo Man tiba-tiba aja manggil 12 biji tengil ini buat langsung rekaman, latihan dance routine, jebret! besok teaser keluar. Sejak awal EXO keluar, mereka sudah jadi salah satu proyek terbesar SM, bahkan kalau kalian ingat, rencananya sudah sekitar 2-3 tahun sebelum EXO akhirnya debut, SM sudah berkoar-koar mereka akan ngeluarin boygroup di bawah satu nama yang akan promosi di Korea dan Cina. (aku masih sering nulis di Hallyucafe saat itu, cukup banyak ngebahas proyek boygroup ini, jadi dikit banyak aku masih ingat sejarahnya). Jadi mereka nggak mungkin bikin yang abal-abal setelah investasi jutaan dolar sejak EXO debut untuk pertama kalinya, bersama konsep grup, panggung, lagu, sampe MV.

Tim marketing SM salah satu yang terbaik di Korea, semua agensi idol hingga perusahaan musik mengakui hal ini. Soal kenapa comeback EXO tertunda terus sampe setahun lebih, kurasa urusannya dengan teknis. Mereka nggak cuma punya EXO di SM, masih ada grp idol lainnya yang lebih senior dan lebih populer, dengan pendapatan yang jauh lebih besar dalam masa promosi yang harus diurusi. Tiap grup mungkin memang memiliki tim marketingnya sendiri-sendiri, tapi harus diingat juga kalau tim marketing itu sama-sama berkompetisi buat mendapatkan kucuran dana terbesar. Proyek siapa yang lebih gede dan lebih menghasilkan lebih banyak uang, maka mereka yang akan didahulukan. Mereka boleh bilang bahwa SM adalah keluarga, but wait … it’s SMTOWN. SM Entertainment tetap aja sebuah perusahaan yang berbasis keuntungan. As simple as that.

Proyek kelar, dana dapat. Sekarang gimana merealisasikan keuntungan yang sudah mereka perkirakan. Mereka tau jelas bahwa EXO adalah grup baru debut yang sudah lama banget hiatus. Di beberapa tempat EXO mungkin memang terkenal, yeah, terkenal di kalangan para penggemarnya. Tapi nggak secara global. Di Korea mereka bersaing sama belasan grup baru debut lainnya yang juga merebutkan kepopuleran yang sama, yang bikin EXO selangkah lebih maju hanyalah karena mereka debut di bawah SM Entertainment. Jadi inilah akhirnya yang mereka lakukan, sengaja membocorkan tracklist album Kiss ke pasaran sebagai ‘teaser’. lalu, BAMP!!!

Mereka berhasil, kan?

Lagu WOLF sempat jadi search term paling banyak saat pertama kali bocor. Selama berminggu-minggu setelah bocor pun, Wolf masih tetap jadi bahan pembicaraan sebagai lagu absurd, aneh dan nggak masuk akal, termasuk salah satu kegilaan SM lainnya setelah single-single absurd senior mereka lainnya. But hey, kamu pikir siapa yang memulai ini semua?

Fans? nope. Oke, penggemar macam aku yang suka menistakan idolanya mungkin nggak sedikit. Tapi percayalah, untuk menjadi trendsetter dengan mengatakan bahwa lagu Wolf itu absurd dibutuhkan keberanian yang sangat besar. Kalian tau seberapa besar kekuatan sebuah fandom, mereka nggak akan pernah menerima insult semacam itu.

Antifans? nope. They couldn’t care less.

Tim marketing tentunya yang menyebarkan komentar ini. Mereka beredar di komunitas online, dengan ID yang kuat juga. (member mereka pastinya ada yang punya kekuatan sebesar itu di forum komunitas online. Orang-orang mungkin nggak tau, tapi pasti ada ID dengan insight segudang bakal difollow banyak orang) Dan dari sanalah kemudian komen itu menyebar, didengar banyak orang, dipost kembali di youtube, di forum fanbase internasional,  twitter, sampai mungkin ke timeline kalian, dan akhirnya kalian ritwit. Lalu kalian mulai ‘mempercayai’ komentar itu, … selamat, kamu sudah berhasil dicuci otak.😀

Yeah. Mereka sejenius itu. Dan kita baru bicara soal marketing ….

Tentang albumnya sendiri, aku benar-benar menikmatinya. Kurasa ini salah satu dalam daftar album favoritku, I mean daftar album di mana aku suka seluruh deretan lagunya dari track pertama sampai akhir. Album Kiss&Hug sendiri punya 12 lagu di tiap versinya, dengan WOLF diulang 3x! – seriously, aku benar-benar mencoba untuk mencari tau apa bedanya tiap track tadi, selain dua di antaranya ditulisi versi korea dan cina. Tapi aku nggak begitu peka untuk mengenali suara mereka satu-satu, jadi entahlah .. aku perlu bantuan situs lirik buat bantuin cari tau suaranya siapa yang mana di tiap bagiannya, hehehe.

Tiap membernya dapat line yang lumayan banyak di sini. Oh, aku membicarakan mereka para minor singer, macam Chanyeol, Sehun dan Kai di K, juga Tao, Kris dan Xiumin di M. Favoritku sampe saat ini, … Don’t Go dan Baby bukan lagunya Justin Bieber. Aku bisa denger dengan jelas suara Chanyeol di K, it’s so sweet LOL

Selain itu aku suka Let Out the Beast. Pertama kali denger versi aslinya yang dinyanyikan oleh Beast Mode (kalau nggak salah ini namanya), dan aku sangat anticipate Korean version. Ternyata keren!

Yang bikin aku agak kecewa mungkin di track Baby Don’t Cry, karena ceritanya sedang sangat digoda oleh Parch Chanyeol. Denger dia rap dengan bisik-bisik “Baby .. Don’t Cry …” itu, aku sangat berharap bisa denger Kris melakukan hal yang sama.. …. hanya untuk menemukan, beuh, Kris nggak seksi sama sekali …o_O *antiklimaks*.

Lagu-lagu lainnya macam Heart Attack, Black Pearl, Peter Pan juga nggak bisa dilewatkan. My Lady yang setipe What is Love, lalu 3.6.5. ala OneDirection. Overall, album ini memuaskan. Nggak rugi aku nguras 129ribu di CC dan menunggu hampir setengah jam untuk donlot, nanti kalau albumnya sudah masuk Indonesia, aku akan beli.

Last words, aku nggak peduli sama mereka yang nggak suka Wolf, atau saat ini bilang Wolf itu ridiculous. Kita lihat apa sebulan ke depan kalian masih mengatakan hal yang sama😀

Dan bagi yang marah-marah album XOXO bocor, segalanya sudah terjadi. Terima saja apa adanya, toh kalian akhirnya donlot juga kan. Huehehehehe. Sementara inilah reaksiku pas pertama kali denger bocoran lagu-lagu di albumnya, as simple as this. Rejeki kan nggak boleh ditolak.😀

(to the rightful owner)

(to the rightful owner)

PS:

Aku bukan pakar marketing, tulisanku di atas hanyalah pemikiranku berdasar pengamatan dan logika. Feel free to post your rebate if you have one.

See you on my next post!

~xoxo.

PSS:

BUY THE ORIGINAL ALBUM ya guys!!

14 comments

  1. HEH KAMPRET, TULISANMU INI MEMBUATKU MENEMUKAN SEBUAH IDE FF BARU!!! DAFUQ!!! *padahal-mau-hiatus*

    Tiap grup mungkin memang memiliki tim marketingnya sendiri-sendiri, tapi harus diingat juga kalau tim marketing itu sama-sama berkompetisi buat mendapatkan kucuran dana terbesar. Proyek siapa yang lebih gede dan lebih menghasilkan lebih banyak uang, maka mereka yang akan didahulukan. <—- ini adalah pondasi yang sangat kuat 8))

  2. Kak kuliahnya jurusan apasih? kece banget analisisnya ;AAAAA;

    lols pas bocor aja tiap hari aku ngedengerin wolf, apalagi pas udah resmi rilis :p
    denger awooawoo and ah saranghaeyonya itu semacam candu haha

    kalo merhatiin liriknya, yg versi bocor ato resmi ada yg beda lho kak sama lirik di mvnya *ini jg denger brp kali baru ngeh*

    kayaknya aku sempet kena cuci otak deh, tapi keburu udah sadar manggut manggut pas baca postingannya kak ron dulu, jadi yaaaaa emang strategi bisnisnya macem macem. otakku jadi berspekulasi macem macem kenapa kombeknya dulu pake ditunda, tapi ya itu, cuma SM dan Tuhan yang tahu xp

  3. aku juga sempet mikir yang bocorin wolf itu pasti SMnya sendiri karena baca artikel kpop insight itu lol tapi gara-gara baca artikel yang katanya produsernya wolf marah lagunya bocor sampe ngancem mau lapor ke fbi aku jadi mikir lagi jangan-jangan fans lagi.. tapi fans gimana cara dapet lagu wolfnya? jadi agen rahasia gitu ngehack komputer sm?-_-
    dan lagu wolf itu keren banget! sehari denger terus sampe di loud speaker di ruang keluarga haha tapi kata temenku yang exostan(berhubung aku bukan exostan cuma suka lagu&beberapa member dan ga selalu stalk exo) lagu wolf ga enak dan aku langsung kaya ‘what? lagu seenak ini dibilang ga bagus???’ Padahal pas denger leaked lagunya exo yang belum diedit aku udah ngebash lagunya aneh lah jelek tapi akhirnya suka #karma

    1. Kamu yakin lapornya ke “FBI”?
      Karena FBI itu semacam tim khusus kepolisian yang hanya mengurusi masalah kriminal di dalam lingkup negara Amerika Serikat aja,,😀

  4. mwahahaha, kukira pas aku mikir begini, aku terlalu berlebihan.. aku gak tahu menahu soal lagunya bocor sih, tp waktu video mereka latihan dance katanya bocor, aku dikirimin link sama temenku dan aku langsung mikir.. sungguhkah ini “kebocoran” yang terjadi diluar kendali SM? eh, ternyata kakak malah ngejabarin secara blak2an di sini.. yeah, strategi marketing SM emang patut diberi jempol..🙂
    aku termasuk salah satunya kak, yang gak suka lagu wolf.. aku bukan fans mereka, bukan juga antifans kok.. aku cuma seseorang yang suka musik, dan jenis musik mereka emang kebetulan gak sejalan dengan seleraku.. tp diluar itu, aku mengakui talent mereka.. yeah, sekali pun aku sempet kecewa karena mereka lipsinc pas di music bank ato acara apa gtu pas kemaren SM sempet keluarin video live mereka, tp klo dinilai dari dance, perform, dan kemampuan vocal mereka (dari MV-nya), aku salut.. mereka masih muda2.. bakat mereka masih akan terus diasah dan entah kenapa aku yakin, beberapa tahun lagi, exo bisa jadi boyband besar.. yeah, yang kita kenal sekarang, superjunior, sudah melalui beberapa tahun untuk jadi seperti sekarang.. dan exo, kukira bisa mendapat pencapaian yang jauh lebih baik..🙂 siapa tahu, berikutnya aku bakal ikutan ngefans juga sama mereka😉

  5. Aku suka dengan Wolf dan albumnya xoxo, EXO comeback dengan suasana dan taste yang baru menurutku😀 Aku juga ga heran si, kalau EXO bakal sebanyak ini responnya karena mereka berada dibawah naungan SM Entertainment, perusahaan yang menurutku cukup gesit dan pintar dalam mengatur setiap sudut dan berbagai hal yang bisa membuat artisnya melejit. Mereka pekerja keras🙂

  6. hahaha … EXO – Wolf – another in crush but pria2 muda dr KorSel *sigh inget umur
    Love ur writing Dee🙂 salam kenal

  7. kakak,,,, are you an analist???
    aku ga kepikiran sampe situ lho padahal,,
    ckckck,,dari semalem aku baca banyak tulisanmu kak, ga ada yg ga keren,,,
    daebakkk

  8. wuah analisanya kece iihh,, hahah aku sempet sadar tp gk sampe seronci ini untuk nganalisa siapa pelaku yang ngebocorin tp kl ngebaca tulisan ini siih hahaha langsung “okeh sekarang aku sukses dicuci otak oleh analisa yang hampir akurat hahahha..

    artiklnya bagus dan aku suka banget,,🙂

  9. soal kakak yg bilang kalo marketing SM itu bagus, udah ngga ada keraguan lagi buat mereka..
    aku sendiri aja kadang suka melongo parah kalo mereka promosiin artis mereka, dan itu sukses bikin fans antisipasi sama penampilan mereka😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s