About “Guangzhou the Unexpected You” – a Review

Untitled-guangzhou

Aku seharusnya sedang merevisi novelku saat ini, tapi entah kenapa sepertinya melakukan hal lain jadi tampak lebih menarik, hahaha..

Ini akan menjadi pertama kalinya aku me-review sebuah fanfiction, hal yang belum pernah kulakukan sama sekali sebelumnya. Kalau kalian bertanya kenapa aku tiba-tiba pengen review FF ini, jawabannya karena aku pengen sih, huehehehehe….

Aku suka sekali fanfiction ini. Adalah suatu hari di akhir bulan Maret, seorang teman – yang dulu aku ingat pernah sangat apatis sama dunia ff – tiba-tiba aja kasih tau aku kalau dia punya ide fanfiction untuk Kris. Idenya sangat menarik, kisah yang terinspirasi dari MIA aka Missing in Actionnya Kris selama bulan Januari-Februari lalu, kebetulan banget memang aku sedang sangat ingin membaca sesuatu tentang ‘hilang’nya si duizhang ini dan ketika dia mengutarakan idenya, aku langsung rayu supaya ff itu benar-benar dia tulis dan selesaikan.

Sambil menggarap naskah awalnya, aku ngerasa sangat beruntung karena bisa turut andil dalam penggodokan beberapa materi .. she’s a smart person, jadi aku nggak lagi ragu dengan kemampuannya mengolah data. What I was certain that this story would be a hit!

Fanfiction ini bercerita tentang seorang gadis bernama Zhang Yi Zhi, berasal dari kota (yang konon nggak terlalu besar – if I’m not mistaken) Suizhao, perempuan yang lugu, koplak, penggemar fanatik sepakbola dan sangat cuek. Dia baru aja diterima menjadi seorang trainee bank CMB dan langsung ditempatkan di Guangzhou.

Dan begitulah kemudian dia bertemu dengan sosok seorang bernama Wu Yi Fan yang nggak pernah dia kenal sebelumnya, laki-laki yang tiba-tiba aja muncul di bandara menjemput dia dan yang nantinya akan menjadi teman pertama di hari-hari pertama Yizhi di Guangzhou.

GtUY diceritakan dengan frontal, bahasa yang lugas, feeling cerita yang bercampur-campur, sang author dengan pintar membuatku tertawa sampai nangis dan nangis sampai ketawa lagi dengan perubahaan sequence yang teratur tanpa terlalu terburu-buru. Pergelutan dua karakter yang serupa tapi tak sama antara WYF dan YZY terasa sangat unik dan menyenangkan, materinya yang nggak biasa juga membuat aku berasa diajak jalan-jalan ke daratan Cina yang sama sekali belum pernah kujejak sebelumnya. *maklum, bukan daerah invasiku LOL*

Rahasia yang tersimpan dibalik sebuah fakta, dan juga konflik batin mereka nggak urung membuat aku tenggelam dalam lautan galau dan kegusaran mereka – plus dengan lagu-lagu #playlistZYZ yang liriknya sangat dalam itu. Apalagi di chapter-chapter terakhir. >,<

This is a great story, written by a great author. Aku masih ingat gimana dulu di awal diskusi kami, aku sempat nggak setuju adanya sentuhan-sentuhan romance di antara dua orang itu, tapi ternyata setelah diikutin sampai akhir, aku harus mengakui bahwa sekarang Wu Yi Fan dan Zhang Yi Zhi adalah salah satu pasangan fenomenal favoritku dalam dunia fiksi! Authornya bener-bener mengembangkan ceritanya dengan sangat baik.

Ukwonism, adalah sang penulis dari karya ini. Merupakan tulisan pertamanya, yang kuharap akan menjadi tolak ukur untuk tulisan-tulisan epik lainnya. Saranku hanya gimana dia perlu untuk lebih banyak menuangkan perasaannya lebih dalam lagi dalam karyanya, dengan memberikan detil tentang karakterisasi para karakternya, dalam narasi maupun deskripsi yang pastinya akan membuat karya-karyanya akan lebih baik lagi.

Jadi aku merekomendasikan kalian untuk membaca fanfiction ini, bukan karena dia temanku, bukan karena aku sedang sangat suka Kris sekarang … aku hanya nggak pengen galau sendiri setelah baca FF itu, hahahahaha..

kalau kalian ingin baca fanfiction ini silakan klik di sini.

Oke, kurasa itu aja semuanya. See you in my next post.

~xoxo.

——————————————————————————————————-

p.s.

untuk siapapun yang membaca tulisan ini, kalau kalian berniat untuk mempublikasikan tulisan kalian secara online (fanfiction atau originalfiction), aku membuka kesempatan untuk kalian menaruh tulisan di Saladbowldetrois sebagai kontributor.

Nggak semua naskah akan dipublish memang, aku akan memilih beberapa topik yang menarik dan mungkin juga akan meminta kalian untuk merevisi beberapa bagian yang kurang pas demi karya yang terbaik.๐Ÿ˜€

kalau kalian berminat silakan kirim naskah ke saladbowldetrois@gmail.com dengan subjek : kontributor FF, dan aku akan menghubungi kalian nanti kalau naskahnya diterima.

7 comments

  1. aku juga suka GtUY kak~
    tepat seperti apa yang kak dee paparkan tentang perasaan kak dee waktu baca GtUY, aku juga merasakan hal yang sama๐Ÿ˜€
    awalnya yang menarik perhatian aku sama FF itu adalah karena ada ZYX tentunya, walaupun selalu dinistain sama kak kiki, tapi menurutku disitulah kenapa aku semakin ingin baca GtUY, selain penasaran sama jalan cerita WYF dan ZYZ mhihihi
    tapi setelah baca chapter pertama, kedua, ketiga, akhirnya nggak kerasa udah sampe chapter akhir, aku memang nggak ikutin FF itu sejak awal dan memaksa aku harus membacanya secara marathon ><
    dan FF GtUY bikin ketagihan, banget, sama kayak Five for Fighting-nya kak dee๐Ÿ˜€

    ya intinya suka sama FF di Salad Bowl, terutama yang EXO cast๐Ÿ˜€
    padahal aku bukan hard fansnya EXO hihi๐Ÿ™‚
    kak dee, apa kakak suka bikin FF bergenre fantasy? kan bisa manfaatin kekuatan (?) nya member EXO tuh ^o^v

  2. dulu aku gx pernah bc ff klo cast ny bias yg aku suka๐Ÿ™‚
    tp semenjak di blok salad bowl, memulai bc dg cast2 lain. tp lebih sering bc yg cast ny ank exo,
    tp utk ff yg ini aku blm smpet bc.๐Ÿ™‚

  3. GTUY its best ff yg pernh q bc.i love it.ide ny sedrhn tp penjbrnny keren.ff in mirip sebuah novel teenlit yg pernah aq bc tentg seorg gds yg mencri jatih drinya,jdl ny looking for alibrandi.sm sprt GTUY yg penuh rahasia dan pergulatan batin,mengadk 2 perssaan.

  4. Aku udaahh bacaa semua !! Dan semuanya daebak !! GtUY~ aawww romance mereka emg gak menonjol tapi gatau kenapa kok kayanya hati mereka itu udah nyatu aja~ itu naturaalll bangett.. Penceritaan detail ttg China..
    Akuu sukaa ini tuuh bukan kaya fanfic-fanfic biasa yg aku baca tapi kaya sebuah review (?) kehidupan seseorang hahaha *sotoy*

    Dan buat Five for fighting !! Campuurrr aduukk… Kadang aku gak ngerti sama apa yg pengen dimaksud sm author sampe harus baca berkali-kali aku baru ngeeehh.. Lana dan 4 sahabat akuu sukaaa merekaa semua !!

    Intinya semua ff yg dipublish disini berkualitas semua (GtUY and Five For Fighting) kk~

  5. ff ini bener2 berbeda, lain drpd yg lain. bahasanya lugas dan alur ceritanya gak bertele2 namun tetep membuat pembaca penasaran dgn kelanjutan ceritanya. dan satu lg, saat baca ff ini terasa sdng berjalan2 d cina d saat yg brsamaan. awesome!

Leave a Reply

