Tentang “Reply 1997” [spoiler alert!]

Umm, well, dari mana aku harus mulai bahasan soal Reply ini …o_O

First thing first, .. ini adalah drama paling spektakuler yang pernah aku tonton sepanjang tahun 2012, setelah “the Moon that Embrace the Sun”. Mungkin posisinya sama, hanya saja aku nggak bisa memutuskan mana yang lebih kusuka karena dua drama itu punya keunggulan yang berbeda. Hanya saja kali ini aku akan lebih membicarakan soal Reply 1997.

Pertama kali mendengar soal drama ini sepertinya sudah lumayan lama, I was not kind of excited tho, nggak juga begitu tertarik pada awalnya untuk menonton karena judulnya adalah ‘sitcom’ (<<< em not a big fan of this genre). Deretan pemerannya juga aku nggak begitu familiar, kecuali Hoya dari Infinite dan Eun Ji Won. Beberapa kali aku melihat judul artikel berita tentang sitcom ini di allkpop dan aku hanya melihatnya aja tanpa tertarik untuk menonton, hingga sekitar sebulan yang lalu entah karena apa tiba-tiba aja aku berniat donlot dramanya, dan dari sanalah kegandrungan itu dimulai.

Reply 1997 bercerita tentang ikatan persahabatan – adalah semacam satu tema yang sudah mendarah daging dalam dunia fiksiku, dan selalu menjadi favoritku tiap membaca sebuah karya fiksi ataupun nonton film/drama – antara dua anak dari dua keluarga dekat, Yoon Yoonjae (diperankan oleh JYJ Jejung, uhuk … Seo In Guk) dan Sung Siwon (Jung Eunji dari A*Pink), bersama empat temannya yang lain, Kang Junhee (INFINITE Hoya), Moo Yoojung (Shin So Yool) Bang Sungjae (Lee Si Uhn) dan Do Hak Chan (Eun Ji Won dari grup idol Sechs Kies). Ini kisah tentang bagaimana kehidupan seorang gadis SMA dan kehidupan fangirlingnya pada sebuah grup idol paling terkenal di akhir tahun 90an, HOT dan betapa dia sangat tergila-gila dengan si Tony Ahn. Bersama seorang sahabatnya Yoojung mereka sama-sama menyukai HOT sampai suatu saat Yoojung berpindah hati pada Eun Ji Won dari Sechs Kies yang saat itu dikenal sebagai rival HOT di jamannya.

Selain tentang fangirling, Reply juga bercerita tentang lika-liku persahabatan Siwon dengan satu anak laki-laki yang sudah menjadi teman baiknya sejak kecil, Yoonjae. Bagaimana mereka selalu bersama sejak pagi dimulai sampai malam berakhir, nggak pernah berhenti berkelahi tapi masih tetap saja tidak terpisahkan. Karakter mereka berdua begitu berbeda, si Siwon yang tough dan cenderung kasar sementara Yoonjae lebih terlihat cool meski kadang sama kerasnya – typical orang-orang Busan. Hanya saja yang lucu adalah bagaimana Yoonjae yang populer di sekolahnya sebagai the ‘it’ boy yang pintar dan selalu menduduki kursi teratas ranking sekolah, jenius dalam semua olah raga, juga sikapnya yang dingin pada para gadis berubah jadi laki-laki yang nggak berdaya dan mudah dibully kalau sudah berhadapan dengan Siwon.😄

Nonton Reply 1997, akan lebih asik ketika kamu adalah seorang penonton yang bebas dari spoiler, seperti kertas kosong yang siap ditulis tanpa ada coretan apalagi bekas hapusan. Kamu harus menjadi penonton yang jeli dan cermat akan tanggal-tanggal yang diketikkan di sudut bawah layar karena alurnya maju-mundur sesuai dengan mood ceritanya. Berawal dari reuni SMA (kalo gak salah ) Gwang Ahn Busan angkatan 1997 di Seoul pada tahun 2012, lalu ceritanya ditarik mundur ke tahun 1997 di mana seluruh kisah fangirling-dan-juga-romansa mereka dimulai, dan diubek-ubek maju mundur di sana ke tahun 1998 hingga 2005. Dari episode pertama  kita sudah disuguhi sebuah pertanyaan, tentang siapa pasangan yang akan mengumumkan pernikahan mereka dalam waktu dekat hingga siapa akhirnya yang menjadi suami Siwon —> yang akan dijawab di episode terakhir😄

Yang aku suka dari drama ini adalah bagaimana aku nggak berhenti dibuat penasaran tiap episodenya, mencoba untuk menebak-nebak setelah satu ‘petunjuk’ dari teka-teki yang diberikan di awal episode mulai bermunculan, lalu kita mulai berharap-harap cemas sampai ke episode terakhir. Temanya sangat sederhana, tentang kehidupan keluarga dan segala permasalahannya. Tapi drama ini dikemas sangat jenius dengan segala detail, hingga plotnya yang begitu real – semacam plot yang kemungkinannya sangat besar untuk kita temukan di dunia nyata. Pesan moral selalu dimasukkan dengan cantik di setiap episode mengajarkan kita tentang banyak hal, seperti bagaimana mencintai orangtua, menghargai kehidupan, dan juga tentang cinta yang kamu rasakan di dalam hati.

Ada satu quote yang terus terngiang di kepalaku, satu line yang dilontarkan oleh Kang Junhee untuk Yoonjae saat mereka ngobrol suatu pagi, “Love is not a choice, it comes from your heart.” … kelihatannya sangat sepele, tapi dalam situasi beberapa orang, kalimat ini bisa menjadi sangat dalam dan menusuk, termasuk Yoonjae dengan permasalahan pribadinya saat itu.

Aku sangat menyukai chemistry yang terbangun di antara pada pemerannya di dalam drama ini. Jarang sekali ada drama yang terasa begitu nyata karena akting para pemerannya begitu natural, hubungan antara Yoonjae dengan Siwon, antara Siwon dan orangtuanya, Siwon dan kelima teman sekolahnya, Yoonjae dengan kakaknya yang super penyayang, bahkan hingga chemistry di antara Yoonjae dan Junhee. Nggak ada karakter antagonis di dalam drama ini, yang membuatnya menarik adalah bagaimana semua karakternya can’t be hated. Orang tua Siwon digambarkan sebagai pasangan kocak yang nggak pernah berhenti saling berteriak, sampai ke anak-anaknya juga (yakin deh aku, kalau kebanyakan orang Busan karakternya macam gini, aku nggak bakal tahan tinggal sehari aja sama mereka XD), tapi meski mereka selalu bicara dengan nada yang tinggi, aku nggak melihat sosok mereka sebagai tokoh yang harus dibenci atau menyebalkan. They’re so lovely in their way, pada dasarnya memang begitulah orangtua membesarkan anak-anaknya, dan hanya budaya saja yang membedakan satu keluarga dengan keluarga lainnya. Malah lucu ngeliat mereka sebenarnya yang berkelahi dan berbaikan begitu cepat, dengan kebiasaan-kebiasaan yang unik dan nggak pernah gagal bikin aku ngikik sendiri nontonnya.

Jung Eunji berakting untuk pertama kalinya di drama ini, dan sebagai seorang rookie, she did a very great job! Kebanyakan para pemerannya adalah orang asli Busan, selain Sin So Yool, Eun Ji Won dan Seo In Guk, tapi satoori (dialek daerah di luar Seoul) mereka diucapkan dengan sempurna seperti mereka benar-benar asli orang Busan. Akting Hoya di sini juga lumayan, terutama karena dia juga baru pertama kalinya terjun ke dunia aktor. Beberapa orang mengatakan kalau aktingnya awkward dan kaku, I won’t deny it, tapi kalau kulihat lagi ini bisa saja datang dari karakternya yang memang tidak banyak bicara dan cenderung tenang. Pada dasarnya Junhee memang bisa berubah jadi agak kaku (dalam sikap) ketika Yoonjae ada di dekat dia, dan di pihak lain aku menganggap akting dia mendekati sempurna dalam portraying (<<< ini bahasa Indonesianya apa soih o_O) sosok Kang Junhee. Seriously, menurutku Hoya berhasil menciptakan image Kang Junhee dalam dirinya, sampai kalau orang yang nggak kenal Hoya in person dalam INFINITE, mereka pasti berpikir Hoya nggak jauh karakternya dari si Kang Junhee yang girly dan pendiam … padahal aslinya, .. dia rusak juga. XXDD

Banyak cameo yang berpartisipasi juga di dalam drama ini, aku mengenali beberapa di antara mereka, seperti Shin Bong Sun, ZEA Siwan, After School Jooyeon, dan beberapa komedian dari Gag Concert. Kelemahan drama ini … nggak banyak, dan nggak fatal juga. Seperti beberapa detail scene dan peletakkan properti yang tidak semestinya atau terlewat. Seperti di beberapa episode terakhir, kalau nggak salah di episode 15/16 gimana tiba-tiba aja Yoonjae sudah memakai cincin nikahnya di jari manis tangan kirinya sementara kalau kalian perhatikan nggak pernah ada cincin di jari yang sama ketika tangan kirinya tertangkap kamera pada episode” sebelumnya, atau gimana si Jooyeon yang di sini berperan sebagai seorang dokter bedah punya jari-jari tangan yang super cantik bermanicure sempurna (di dunia nyata seorang dokter harus menjaga kukunya tetap pendek dan bersih, mana mungkin ada yang dimanicure o_O). Tapi sekali lagi, memang nggak fatal, it’s a mere drama anyway.

Seperti yang Tony Ahn sempat bilang di episode 00, bahwa orang-orang di umur 20 dan 30an yang nonton drama ini pasti akan berasa nostalgia melihat banyak hal yang dulu merupakan bagian dalam hidup kita dan kini jarang terlihat atau bahkan musnah sama sekali. Lagu-lagu soundtrack yang diputar juga nggak kalah jadul, semacam lagu-lagu oldies yang dulu sering kita dengerin di akhir tahun 90an (untuk aku lagu “Try to Remember” milik the Brothers Four saat Siwon pertama kali ngeliat bapaknya Yoonjae itu paling daebak bikin aku galau sepanjang malam) dan beberapa lagu Kpop dari grup” idol yang sedang tenar saat itu. “Dreams Come True” milik SES adalah yang paling memorable, aku ingat sekali dulu sering mainin lagu itu jaman SMA, hehehe..

Reply 1997 adalah salah satu drama terbaik tahun 2012 ini, bukan karena para castnya yang begitu natural, tapi juga dari plotnya, perkembangan karakter, hingga tema yang mereka usung. Konon kudengar produsernya sedang menyiapkan Reply season 2 tahun depan, … aku hanya bisa berharap nasibnya nggak seperti Dream High 2 yang gagal bahkan untuk mendekati kesuksesan prequelnya. Tapi kalau memang benar-benar akan dibuat, aku penasaran siapa idol yang akan diangkat jadi sukjek fangrlingnya kali ini, ..

TVXQ kah? ;D

Reply 1997 Trailer

Seo In Guk with Jung Eun Ji – All For You

22 comments

  1. Kalw benar2 dibuat Reply 2 . . . Saya benar2 berharap objek fangirlingnya adlah TVXQ . . Amat sangat. . “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ . . Btw . . Adakah yg tau judul2 lagu yg diputar slama drama ini? Karna saya smacm menangkap suara penyanyi Kim Dong Ryul di drama ini be2rapa kali. . Pengen tau judulnya . . Cuma 1 yg sya tau Drunken Truth aja. .

  2. sukaaaaaa banget ama sitcom yg satu ini……kangen ama semua karakter mereka yang konyol dan hangat dalam sebuah friendship ^^

  3. jadi penasaran kuadrat sama ini drama setelah baca tulisanmu, mba…I seriously have to take some time to download it.. *sigh*
    and btw, portray itu bhs. Indonesianya menggambarkan, mba…kebanyakan nyemil kamus Webster ya, mba?^^v

  4. Aaaaaaaa keren banget ini drama!!! ( o. ˘)з┌◦◦◦♥
    Awalnya aku jg malas nonton karena ngeliat gambar + setting yg old wkwkwk
    Tp karena dipaksa sama teman2ku yg bilang ini drama kerenlah, kocaklah, romantislah akhirnya aku nonton jg dan ini drama benar2 mengacak-acak emosi😄
    Agak shock juga Hoya homo disini dan soal aktingnya yg kaku, ku kira jg begitu tp mungkin memang karena karakternya disini dan Hoya kasihan sekali + setuju sama onnie, aku jg paling suka quote Hoya yg itu :*
    Beneran tega ya ini jawaban siapa suami siwon di episode terakhir di jawab, nunggunya itu penasaran ><
    Oh iya onn, ada lagi cameonya Apink Chorong & Apink Bomi yg jadi ibu nya + temennya pas masih muda itu loh terus ada GNA yg jd cewek nunggu di restaurant itu terus pacarnya kakak yungjae anak gb jg tp lupa apa😀

  5. Aku baru aja selesai nonton.
    WOW! Gak kayak nonton drama, tapi rasanya nontonin kisahnya orang. Kerja semua tim produksinya keren sumpah! Dari skenario yg alurnya diacak-acak, properti jadulnya yg detail sampek akting pemainnya yg profesional.
    Biasanya drama/film yg endingnya gak bisa ketebak itu yg bertema berat kayak politik atau pembunuhan. Nah tema drama ini ringan tapi tebakanku dibikin ragu melulu.
    Kalo aja ini tayangnya gak di tv kabel, popularitas sama ratingnya bisa ke langit.
    Recommended drama!

  6. Unn ksh list ost ep 16 dunk😀
    keren bgt ini drama, suer, ampe hpku aku isi ini drama tp dr ep 11 ampe 16 ajah >< kkk~

  7. I’ve watch this drama and i love it. Disaranin temen sih tapi nonton juga akhirnya tentunya karena ada Hoya,kkkkk..
    Walau di episode awal masih belom dapet gregetnya tapi episode berikutnya bener2 bikin jatuh cinta sama drama ini. Cast,plot,setting and backsong saya suka.

    Dan kalo memang bener ada season 2 nya, sangat berharap objek fangirlingnya itu TVXQ!
    Karena setelah HOT, idol generasi kedua itu ya emg tvxq.
    Dan cassieopeia fans of TVXQ juga pernah masuk guiness world untuk fansclub resmi terbesar.

  8. betulan suka banget sama sitom ini. Udah nonton berkali kali tapi gak pernah bosan. Apa yang terjadi di drama itu sering terjadi di dunia nyata. Misalnya ortu yg ribut karna masalah makanan atau tugas sekolah yang terbengkalai gara gara sibuk ber-fangirl ria.

    Pokoknya drama ini unforgettable bgt.
    Kalo betul ada season 2 nya, aku pasti akan sangat menantikannya.

  9. aku blm ntn…
    gk minat sm judulnya…
    gk minat sm penainnya jg…
    tp klo ngebaca ulasan diatas… rasanya patut dicoba….
    hmmm hmm

  10. Reply 1997 keren , awal pertama sih nonton gara2 iseng gak ada list drama yg mau ditonton , ditambah pas liat list aktornya ada seo in guk , ditambah denger2 ini drama ttg bromance (kena virus inguk di mv please dontnya kwill) ya udah nonton aja, lewat 1 episode 2 episode bikin gak bisa berpaling gak bisa kemana2 , diem mantelengin tivi , dan ohmaigadsan aku bener2 dibikin penasaran gilaa , and well akhirnya suka ma drama ini , dan lagi nama tokohnya familiar buat ku , yoonjae , siwon , junhe (ehem yunjaeship) dan lagi kebelakang2 adegannya makin banyak menjurus ke bromance and entah mengapa instingku langsung ketuju pada YH and JJ (emm dari yg saya amati anda kurang begitu suka ya sama KJJ) tapi cuma sebentar dan aku tampik pikiran itu (coz mau fokus ke cerita, saya tipe yg hanya memfokuskan pada satu hal) setelah dibuat tegang dan bercucuran air mata saya sukses menyeleseikan drama ini dalam 3 hari (well saya libur kuliah dan suka di skip nontonnya pas solat dan tidur) keseluruhan drama ini keren , apalagi buat saya yg notabene cassie (coz ada bag yg nampilin konser tvxq dan redballon plus cd😦 hikss ) ditambah saya juga yunjaeship (yg setelah saya selesei nonton ini , teman yjs saya ngasih tau kalo di drama ini banyak bgt ngingetin akan yunjae moment , dan dicurigai juga kalo penulisnya ini seorang yjs *inget adegan siwon bikin ff* jadi sedikit banyak bangga + delusi ) ohya tambahan selain faktor diatas tersebut yg aku bikin salut lagi sama drama ini karena brani ngangkat tema bl yg notabene tabu di korea *bukandikalanganpecintayaoi* pokok salut deh salut😀 ohya dan lagi keknya buat season 2 bukan TVXQ deh coz mereka bikinnya reply1994 bukan reply2003 hehee , makasih dan maaf kalo saya nulisnya acak2an (bungkukbadan90derajat)

  11. aku sudah donlot..
    tapi belom lihat –”
    tapi setelah baca review dari qm kayaknya jadi minat buat nnton deh kak
    ah ya selain reply 1997, ada juga drama school 2013 kak..
    itu temanya juga tentang persahabatan dan kehidupan senior high school gitu kak
    ^^

  12. Telat ya komennya hahaha… walaupun udah lama dari pertama kalinya nonton, tapi nih drama yg paling aku sering tonton dan yang paling aku sering cari artikelnya.🙂

  13. chingu tau list song reply 1997 gak? aku penasaran lagu apa yang dinyanyiin pas siwon, jun hee sama yoonjae nunggu di depan stasiun radio kalau gak salah, yang pas siwon diangkat jadi dewan fans busan, tau gak? aku kepo ‘-‘)/

  14. Oke gua telat 2 tahun buat nonton nie drama. Seperti telatnya aq kesemsem TVXQ di tahun 2008 dan disambut ama cerainya.nya mereka….

    Hahhahahha but…. Yeah… I Love Seo In Guk.

    Loh……
    Bermula dr liat king of high school jd kesemsem ama Jaejoong ups…, salah…. Seo in Guk…. Akhirnya menemukan drama reply 1997.

    Dan pas cari2 inpo, ketemu tulisan ttg reply 1997 di kimchidee. Kimchidee sendiri tuh alamat blog yg sdh ada di bookmark gogle crome hp.ku gegara ff nya yg nendang bgt….

    Mkn mantabs deh kalo dee suka drama ini, emang bener nie drama daebak…..

  15. Nonton film ini sekitar 2/3 tahun yang laluan, jatuh cinta sama semua karakter di film ini, terutama keluarga siwoon… sedih, lucu, bagus deh pokoknya, selalu jadi penghibur, dikala ngga nemuin k-drama yang bagus untuk di tonton. Seri ke dua nya reply 1994, menurut aku ngga sebagus reply 1997, baru nonton dua episod sudah mulai bosan, hehee….mungkin karna memang belum bisa move on sama 1997 kali ya?!
    Tapi di 2015 ini, aku bisa move on ke “it’s okay ot’s love” sih…

  16. Walupun berasa udah telat bgt, tp setelah nontn drama ini berasa ga rugi sama sekali. Karakter yoon jae yg bs berubah 180 derajat klo di depan shiwon itu daebak maksimal! Trully capture in my heart.. pasangan yg aneh dan kocak tp tetep bs buat org sekitarnya envy. Nontn drama ini buar gw sndiri ga bs berhenti untuk nyengir2 ga jelas..recomended drama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s