Tentang Skandal Seungri di Majalah “Friday”

Aku menimbang-nimbang apakah perlu menulis ini atau nggak sejak tadi siang, tapi pada akhirnya aku tetap saja menuliskannya karena udah terlanjur banyak yang mau aku bicarakan, .. bukan tentang rumornya, tapi reaksi orang-orang dalam menyikapinya. Pada awalnya ini adalah sebuah obrolan biasa para ibu-ibu HC di grup chat whatsapp ‘HC Ahjummas” << I know, we’re that old already, guys, hahaha.. teh @stalkinghero tiba-tiba aja ngasih kami link satu berita dari asiajunkie tentang Seungri dan bersama @opathebat kami membahasnya bertiga, sebelum lainnya ikut bergabung. I’m one of the VIPs, but actually em not that ‘kepo’ when it comes to their personal life. Jadi  begitulah kemudian aku baca beritanya dan taraaa.. he’s involved in a sex scandal.

Seperti yang aku tuliskan untuk Hallyucafe (baca artikelnya di sini), aku setidaknya memakai 4 source. Pertama dari asiajunkie, lalu dari sebuah twitlonger akun bernama Caz, asiae dan enewsworld. Dari sana aku dapat beberapa tulisan yang berbeda, awalnya tentang tulisan fan yang ngebahas soal skandal itu, bahwa majalah Friday mengupload foto setelah telanjang Seungri masih tidur tapi judulnya sangat kontroversial >>> foto ranjang dan fetish Bigbang VI”.

Pertama yang jadi bahasan kami adalah siapa yang ngambil foto itu, aku sempat menyalah artikan tulisan di asianjunkie ketika di sana disebut” soal helikopter XXDD tadinya aku berpikir, foto itu diambil dari sebuah helikopter di dalam hotel, yang mana kupikir canggih sekali, tapi ternyata setelah kubaca-baca lagi, penulis artikelnya lagi ngomongin soal semacam gaya seks ‘helikopter’ .. astagaaa! huahahahahah.. Nggak begitu paham juga apa yang dia omongin sebenarnya, karena mendadak si penulis ini ngomongin rumor yang beredar kecenderungan kebiasaan seks Seungri adalah BDSM >>> (singkatan dari bondage and discipline, sadism and masochism). Jangan tanya itu apa ya, aku cuma nyebutin aja, kalo mau tau lebih silakan googling sendiri😄

Pada awalnya berita itu hanya dibicarakan di forum-forum VIP aja juga beberapa akun twitter yang kepo tentang hal ini. Tapi yang lucu adalah ketika teh Hilda nyebutin ada akun twitter VIP yang sempat nulis di twitternya, dia menerjemahkan artikel Friday dan cerita lengkap soal kasus Seungri ini, tapi ujung”nya dia ngancem orang untuk nggak copas isi twitlongernya sekaligus menghimbau para followernya untuk menutup rapat berita ini. Hahaha, yaelah, kalau emang niat nutupin skandal ini aturan nggak perlu kali share beritanya di twitter, .. alamak jang, inilah yang orang bila sebagai bodoh terstruktur, hehehe.. *facepalm*. Tadinya mereka berpikir untuk menutupi ini dari VIP korea, tapi ributnya dimulai ketika Bigbang World mengupload artikel tentang rumor di atas, dan ada VIP yang mencopasnya ke blog naver dia. Pada akhirnya, nggak sampai satu jam naver mengcover berita ini dan nama 승리 di sana naik jadi nomor 1 di top search dalam beberapa menit. Satu-persatu mulai situs portal berita nulis artikelnya, termasuk aku yang dilempar sama naver ke asiae (serius ya, ini pertama kalinya aku pantengin langsung situs berita korea dan nerjemahin sendiri patah-patah untuk cari sumber) sambil menulis beritanya, sampai enewsworld akhirnya upload juga. Semuanya terjadi kurang dalam waktu satu jam saja.

Jadi pada akhirnya kami memutuskan untuk post itu artikel, dengan berbagai pertimbangan juga, dan masukan judul” postingannya, biar nggak jadi bahan perang fans. Aku sengaja kasih judul yang agak mengundang sih, hehehe, gaya penulis arikel infotainment, judul dibikin kontroversial untuk menarik rating pembaca hehehe.. kupikir tadinya ini akan bikin orang-orang langsung masuk ke blog, sampai akhirnya para fans labil ini mulai bertindak.

Satu-persatu permintaan buat artikel itu ditarik mulai berdatangan, nggak banyak sih, cuma ada aja. Dan di sinilah yang bikin aku hanya bisa tertawa. .. Namanya juga penggemar ya, anak-anak jaman sekarang lagi senang sekali mengetrenkan (ini bahasa apa sih ya) kegalauan maksimal, tergila-gila pada seseorang hingga benar-benar buta, maunya cuma pengen denger yang bagus-bagus aja soal idolnya, dan nggak bisa menerima bahwa yang mereka sukai adalah seorang manusia yang nggak luput dari kesalahan.

The thing is, aku nggak ngerti kenapa mereka begitu repot berkoar-koar untuk menekan berita ini agar tetap nggak tersebar luas, minta artikel berita tentang rumor itu dihapus dengan alasan “belum ada konfirmasi dari pihak agensi” atau bla bla bla .. Buat apa deh? pada akhirnya tiap ada api pasti akan ada asap juga, bila orang melakukan kesalahan … mau cepat atau lambat, pada akhirnya kebenaran akan terkuak juga. Aku yakin reaksinya akan sangat berbeda kalau yang mengalami hal semacam ini adalah katakan saja seorang idol cewek, dia pasti sudah habis dihujat sana-sini bahkan tanpa anak-anak ini mau tau gimana kebenarannya. Ini karena Seungri aja yang terlibat makanya dibelain habis-habisan. O_O

Jangan salah paham, aku sama sekali tidak mengatakan bahwa Seungri bersalah dalam kasus ini. Seperti yang kutuliskan di JUDUL artikelku bahwa berita itu masih RUMOR. Dan aku benar-benar sangat berharap orang membaca dulu apa yang kutulis baru kemudian kalian bisa memutuskan apakah artikel itu pantas untuk dicerca atau tidak. Kebenaran tentang skandal ini masih belum jelas, itu memang benar, YG belum mengatakan apapun itu juga benar, tapi ini sama sekali tidak memungkiri kenyataan bahwa kemungkinan buruk bisa saja terjadi, that he is involved in the sex scandal indeed.

Aku bukannya ingin menyalahkan para VIP yang berusaha keras untuk menutup-nutupi berita skandal ini atau bagaimana, bagaimanapun juga aku berusaha untuk tetap mengerti posisi mereka. You know what?? Bahkan meski Super Junior kini sedang menjadi biasku, aku nggak akan segan-segan membongkar kebenaran yang ada bila memang dibutuhkan, hanya saja aku nggak mau bila rumor yang kubicarakan datang dari sumber yang tidak jelas (I mean, pembicaraan forum itu, meski datang dari sumber yang terpercaya dan akurat, tetap saja mereka sasaeng, bukannya situs berita resmi). Nggak enaknya k-pop fans di Indonesia kan karena mereka adalah anak-anak baru musiman yang sangat mudah sekali terbawa suasana dan ditipu oleh rumor, bahkan hingga rumor paling nggak make sense dibesar-besarkan sampai seolah itu sangat penting sekali untuk dibahas. Yeah, well, intinya adalah … jangan salahkan satu blog untuk ngebahas satu rumor hanya karena yang dibicarakan biasmu,, satu tips untuk para penggemar di luar sana adalah, pintar-pintarlah untuk menyaring sebuah rumor. Dari mana asalnya rumor itu, apakah sumbernya akurat dan bisa dipercaya, atau hanya semacam penggemar galau yang ingin cari sensasi.

Aku juga nggak akan post berita Seungri itu kali kalau itu hanya gosip ecek-ecek yang gak ada sumbernya, yang ditulis di Hallyucafe adalah berita-berita yang valid dengan sumber yang jelas. Kalau satu artikel itu hanya rumor, kami pasti sudah menjelaskannya di judul. Jadi sangat aneh kalau kamu masih saja bertanya, “yakin tuh berita 100% true??” …. OMG, rasanya aku pengen lempar meja ke mukanya dan berteriak di telinganya “INI RUMOR!!! itu baca donk bacaaaaa..” *facepalm*

oh iya, yang pengen aku ceritain adalah ketika tadi pas pertama artikel itu keluar dan ada mention masuk ke twitter HC bilang >>> “please take down the article that you just posted. There’s no confirmation yet. Let’s not misleading any assumption.. Thx. ^^”

hehehehe … lucu nggak sih, sumpah ya sebenernya aku pengeeeeeeeen banget reply itu mention dan bilang, “aduh mbak, please deh ngomongnya pake bahasa Indonesia aja, bahasa Inggrisnya awut-awutan tuh” terus koreksi dia punya message, hahaha.. I mean, gaya banget sih nyuruh” pake bahasa Inggris, iyalah kek ngomong sama orang idiot aja berasa paling pinter, please deh. Tapi kami memutuskan untuk nggak bilang apa-apa sih, biarkan saja para VIP labil ini melakukan apa yang mereka inginkan dan mengekspresikan kegalauan mereka, orang bebas bicara apapun di twitter.

Yang ada di dalam kepalaku hanyalah bahwa aku nggak akan bias, pada idol manapun. Kalau mereka salah, ya salah, dan aku tidak akan menutupi kebenaran apapun yang perlu publik ketahui, tanpa berusaha menekan pihak manapun. Sampai sekarang aku masih mengharapkan Seungri hanya korban keisengan majalah porno aja, tapi kalau kenyataannya sebaliknya .. apa boleh dibuat, aku harus menerimanya bagaimanapun juga.

Bicara soal lain, HC ahjummas lagi intens banget ngobrol di whatsapp beberapa hari ini, terutama setelah aku akhirnya install WA di blackberryku, hehehe… Lucunya adalah, ini hal yang sempat kubicarakan bersama opat siang ini. The thing we like from each other adalah karena kami sangat berbeda antara di blog dan kehidupan nyata. We fangirl those idols, support and craze our bias teenagely, just like a nggilani-teen-like-manner, hanya aja yang membatasi kami adalah masalah umur, jadi bagaimanapun juga ‘kurasa’ ada yang menahan diri ini untuk nggak menggalau tiap waktu. Kedewasaan adalah yang membuat kami bisa bertahan hingga saat ini, hahahaha … aku nggak ngerti deh aku ngomong apaan ini😄

Tapi setidaknya aku senang ada wadah tersendiri untuk kami bisa mengobrol secara live bareng-bareng tanpa kepisah-pisah dan tersendat network seperti dulu saat masih menggunakan YM untuk berkomunikasi. Hanya berharap suatu hari nanti kami bisa saling meluangkan waktu untuk bertemu dan mengobrol bersama, face-to-face, and I cant image how awkward it would be when we do. Hahahaha… aku akan membahas tentang mereka pada postingan tersendiri lain hari. Untuk saat ini, biarkan nama mereka masih tetap anonim dan misterius, hahahaha..

See you in my next post.

p.s. >> papa YG must be busy. #prayforYG

——————–

image credit: asiae.co.kr

5 comments

  1. i’m stalking u now (ikutan sok nginggris XD)
    kkkk
    yups, setuju tuh ama tulisan yg di atas…
    sengefans-ngefans nya aku,,
    tetep mesti sadar yg diidolain manusia juga,,
    yg beberapa kali prnah nge-falset pas nyanyi di panggung :DD
    okeh, ini tidak penting..
    intinya, lebih cerdas aja deh dlm menyikapi ^_^

  2. sumpah aku ngakak guling2 pas bagian kamu blg kalo ada fans yg sharing di twitter tp minta berita itu ditutup rapat… yo opo kuwi maksude… pgn ditutup rapet tapi dishare…
    dan yaks kedewasaan emg penting ya dalam menyikapi apapun….

  3. like this bgt lah!!!
    I’m a VIP tapi gak buta-buta bgt kok.
    Dari awal pertama ngefans juga udah taw kalo c panda satu ini hawanya agak2 gak bener..LOL…

  4. i like this article, yey.. ^.^
    Kalo mengidolakan sesuatu jangan mpe buta ma segala2nya, mereka juga manusia biasa yg bisa buat salah.. kebetulan aja kesialan lagi menimpa seungri hingga berita kayak gini tersebar..
    Kalo dah berhadapan ma abege alay dan fans labil yah gt dee.. tahan2 diri aja dah.. yang waras dan berfikir jernih ngalah..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s