About Sherlock Holmes (the BBC TV series)

Ini adalah jawaban bagi yang bertanya-tanya kenapa dalam page “Recommendation” aku menyebutkan link situs blog si duo terkenal Sherlock & Watson. Mungkin beberapa di antara kalian bertanya-tanya, apaan pula ini blog berjudul “the Science of Deduction” atau ada pula Personal Blog of dr. John Watson dengan foto Martin Freeman di sana sebagai si empunya blog, haha!

Jadi, jawabannya adalah … tersebutlah sebuah serial TV Sherlock Holmes edisi modern yang disiarkan oleh BBC TV. Ya, TV ini memang selalu menyiarkan acara-acara yang nggak jauh dari kata epik dan nggak pernah gagal bikin kita terkagum-kagum sama acara yang ditampilkan. Pertama kali nonton serial ini adalah ketika salah satu teman pintar di dorm, Kiky, si penggila novel detektif itu ngasih aku season pertamanya. Meski aku sendiri juga penggila serial detektif atau segala bentuk fiksi dengan kode-kode dan misteri, aku bukan pengikut buku-buku ciptaan Sir Conan Arthur Doyle ini, satu-satunya buku Sherlock yang pernah kubaca adalah Sherlock Holmes and the Speckled Band jaman masih kuliah dulu, saat bantuin satu grup buat analisis novelnya di kelas Book Report, tapi aku nonton semua serial TV dan movienya.

Anyway, balik lagi. Nggak seperti versi movie atau pun serial lamanya, Sherlock Holmes kali ini dibuat berbeda dari setting aslinya di tahun 1895.. masih di seputaran Baker Street sih, hanya saja dengan setting dan peralatan yang lebih modern. Sherlock Holmes diperankan oleh Benedict Cumberbatch, yang entah kenapa, sangat cuuuuocok sekali untuk karakternya. Dibandingkan Downey R. Junior yang kita lihat di movienya, Ben C (*apa pula ini pet name yang aku pake XD) jauh lebih pas saat mendalami karakternya, dan terlihat bener-bener seperti sosok Sherlock yang misterius, arrogant yet genius .. atau seperti yang Watson katakan tentang dirinya, “He’s hyperactive, rude, arrogant and a real pain in the behind.”the Hounds of Baskerville, ya .. itu tepatnya yang aku lihat dalam pengkarakteran si Ben😄.

Berbeda dengan serial soap opera di Amerika (apalagi sinetron Indonesia), BBC nggak pernah banyak-banyak kalau menyiarkan serial TVnya, Sherlock ini aja cuma punya 3 episode di tiap season. Episode pertama season 1 “The Study in Pink” tayang pertengahan tahun 2010, setelah pihak produksi film ini sempat membuat episode pilot yang nggak ditayangkan, konon sih sengaja dibuat untuk sample ke BBC gimana mau modelnya serial Sherlock ini, sebelum kemudian direvisi dengan packaging yang jauh lebih baik lagi, juga karakter Sherlock yang dibikin jauh lebih dingin dan untouchable dibanding versi unairednya. Season kedua dimulai bulan Januari tahun 2012 ini, sama-sama 3 episode, dengan kasus yang berbeda di tiap episodenya, sementara season 3 direncanakan akan tayang tahun 2013 nanti. Ya, masih lama gilak!!!

2 blog di atas tadi menyempurnakan serial tersebut, sempat beberapa kali dibicarakan di dalam obrolan mereka.. di kasus the Blind Banker (episode 2 season 1), kalau nggak salah, Watson pernah mengomentari gimana blog Sherlock – the Science of Deduction itu sama sekali nggak menarik dan tertata rapi, karena itulah dia nggak heran lebih banyak orang yang berkunjung personal blog dia dari para blog Sherlock. Kalau kalian lihat artikel tentang “Analysis of Tobacco Ash” itu dihapus sama Sherlock karena dia tersinggung setelah Watson ngejek dia soal postingannya yang nggak penting itu, *siapa orang jaman gini yang peduli sama analisis abu tembakau* XXDDD. Asiknya blog Sherlock adalah, ada beberapa page tentang hidden message yang konon dikirim oleh si ‘Anonymous’ dengan berbagai kode rahasia untuk menarik perhatian Sherlock, dua di antaranya berhasil dipecahkan, dan di sana konon Sherlock nggak berhasil memecahkan kode ke3 dan meminta bantuan kita untuk memecahkannya. *kami menghabiskan sepanjang sore mencoba untuk decode pesan kode ini hahahaha*

petunjuknya adalah: “where is it the pigs live?”
siapa yang bisa memecahkannya?^^

Masih ada beberapa pertanyaan yang menggantung di kepalaku sih di blog ini, tentang siapa misalnya si pemilik ID “theimprobableone” . Aku dan Kiky sempat membicarakan ini dulu, di antara Lestrade dan Mycroft, dan siapa juga si Anonymous ini.. tapi kami dia sih jelas si Moriarty, hehe.. who else?

Blognya John Watson MEMANG jauh lebih menarik, seperti yang dia katakan. Lebih ramai artikel, dan lebih ramai konjungan juga komentar. Aku bisa seharian duduk di depan komputer hanya untuk nongkrongin satu blog ini, membaca kasus-kasus yang mereka tangani, dari yang muncul di serial TVnya dan ada juga yang nggak .. aku sempat kaget juga the Speckled Blonde yang pernah aku baca ternyata cukup populer juga di buku serialnya, I mean, setidaknya bahkan Watson pun menuliskan satu page sendiri untuk bahasan kasus ini. Yang aku suka dari tuliskan John Watson adalah karena dia menceritakan hari-harinya dengan penuh satir dan sense humor tingkat tinggi, terutama ketika dia sedang bercerita tentang Sherlock, haha! Obrolan antara para karakter di dalam serial di blog ini jelas nggak bisa dilewatkan, bener-bener lucu, apalagi yang kutangkap seperti Sherlock di sini sangat dibully sama orang-orang, dan dia menerimanya dengan lapang XXDD *aku nggak tau gimana cara menceritakannya, seriously!*

Tapi blog ini memang tidak untuk interaksi dengan dunia luar sih, I mean, sengaja dibuat websitenya dalam bentuk blog. Kita nggak bisa meninggalkan komentar di sana, dan hanya bisa menikmati komentar-komentar yang sudah ada, ditinggalkan oleh beberapa ID seperti Miss Hudson, Harry Watson, John ataupun Sherlock sendiri dan masih banyak yang lainnya. Kalau kamu penggemar berat serial buku Sherlock Holmes, sangat kurekomendasikan untuk menonton serial TVnya dan juga berkunjung ke dua blog di atas. Aku yakin kalian pasti menikmati bodohnya kehidupan dua bersahabat ini, haha! dan pastinya, kurasa setelah ini aku akan mulai membaca tiap buku Sherlock, .. *oke, setelah aku menamatkan Inheritance* – dan tunggu aja, setelah aku selesai, aku akan buat review buku terakhir serial Eragon ini!

Ciao!

P.S

tentang hidden message di atas, si Anonymous menggunakan “Pigpen cipher” (as pig lives in a pen), dan jawabannya adalah  “Sherlock I have found you”. ^^

———————–

material source: wikipedia

5 comments

  1. ahiiii….mrs.holmes here, as wife i know exactly what my husband looks like in real life, his behaviour oftenly irritating and yes he is such an arrogant sod, some haters even called him as sociopath, but who cares with all those rubbish talks.

    i mean u shoudnt judge a person by his appeareance only, he has this beautiful heart that probably only dr.watson and i who absolutelly aware with this..oh yeah one more mrs.hudson.hehehe.he’s a person who cant express his feeling openly,it’s hard to describe but u just know when he really care for you.

    he’s indeed has his own charming and charisma..and he has his own way..he can tell about ur whole life by single look, he can solve mysterious crimes by deduce everything..he has this scientist or even philosopher’s brain but he choose to be private detective,so..we can love him desperately..but we will never succeed to deduce what’s in his heart….

    love..

    mrs.holmes wannabe

    1. penpig chiper kalau kamu ingat dan sempat aktif di pramuka pernah kita pelajari jaman SMP dulu, hehehe.. cuma memang kodenya agak sedikit berbeda sama yang kita pelajari. Aku juga tau soal kode itu secara lengkapnya setelah bongkar wiki ;D

      Wah, aku suka sekali blog kamu, tulisanmu cantik-cantik sekali^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s