About Grey’s Anatomy Season 8 Finale (Spoiler Alert!)

*menarik nafas panjang*

Grey’s Anatomy adalah salah satu American TV show  yang paling aku nikmati beberapa tahun ini. Bagi yang belum pernah nonton, dari judulnya aja mungkin kalian sudah bisa menebak kira-kira ceritanya tentang apa. Yeah, konfliknya seputar dunia medis, semacam House MD atau Code Blue (dorama Jepang yang dimainkan Yamashita Tomohisa), hanya saja bedanya GA fokusnya pada para staff dokter bedah di salah satu rumah sakit besar dan terpandang di Seattle, nggak hanya membahas tentang kasus-kasus unik penyakit yang diidap oleh para pasiennya saja, tapi juga kehidupan para dokter di Amerika layaknya manusia biasa yang penuh dengan konflik dan intrik percintaan.

Jadi, setelah memulai season pertama mereka tahun 2005 silam, beberapa minggu yang lalu mereka baru aja menyelesaikan episode finale untuk season 8. Sebenarnya kalau nggak diingetin oleh salah seorang hardcore fan ‘tante Ann‘ kemarin, kurasa aku bakal lupa harus nonton lagi, dan benar aja, setelah ngecek salah satu situs langganan donlotan ternyata aku udah ketinggalan tiga episode aja. Dan yang bikin nggak enak adalah karena tanpa sengaja dia membocorkan sebuah spoiler dengan mengatakan bahwa ‘someone died’ dalam episode ini, and it’s shocking!

See, satu hal yang bikin aku nggak pernah suka spoiler adalah karena info itu bikin aku jadi makin penasaran dan nggak tenang nontonnya, dan sepanjang nonton dari episode 22 aku udah waswas mencari tanda-tanda keanehan yang bakal terjadi di finale episodenya, .. hal itu baru terjawab ketika di saat-saat agak akhir beberapa attending dan residen Seattle Grace naik pesawat jet untuk acara Boise Memorial *ceritanya masih kebawa tragedi Sukhoi jadi langsung nancep aja perasaan nggak enak*, dan bener aja .. di akhir episode 23 langsung ditunjukkin ketika tiba” pesawatnya udah nggak berbentuk di tengah hutan, out of nowhere.

Jadi gini, secara season pertama yang aku suka dari Grey’s Anatomy adalah plotnya yang terasa begitu nyata, okeh kebanyakan American Soap Opera juga niat banget kalau mau bikin sinetron, sosok Ellen Pompeo ‘Meredith Grey’ dan Patrick Dempsey ‘Derek Shepherd’ memerankan tiap karakternya sangat all-in, hingga bahkan mereka sudah terlihat benar-benar seperti layaknya seorang residen dan neurosurgeon super jenius tanpa perlu berusaha menunjukkan konsep yang tercipta di dalam serialnya sendiri. Shonda Rhimes sendiri, menurut yang kubaca tidak berasal dari dunia medis, dia seorang penulis drama yang diakui jebolan University of Southern California, menuliskan naskah” GA ini dengan sangat epik dan dan dramatis. Plot-plotnya sama sekali nggak terduga, dan selalu saja ada hal yang mengejutkan atau pertanyaan yang bikin kita menunggu jawaban di tiap akhir seasonnya. Banyak insiden-insiden trauma yang melibatkan tiap orang di antara mereka, (kalau dipikir” lagi, semua karakter di sini sepertinya pernah masuk Trauma Bay atau naik meja OR sekali aja, .. bahkan dr. Miranda Bailey waktu dia melahirkan) dan juga karakter yang keluar masuk saling menggantikan cast yang sudah nggak lagi bermain di sana. Kadang kesannya sangat abrupt, karena tiap ada yang keluar, itu orang nggak pernah keluar baik-baik .. George yang mati ditabrak bus, Izzie keluar karena kanker, lalu beberapa cast dokter yang mati saat insiden penembakan oleh salah satu suami mantan pasien mereka, dua mantan head of cardio yang keluar gara-gara masalah cinta (Seattle Grace’s loss banget, Preston Burke dan Erica Han adalah konon Top 2 Cardiosurgeon di seluruh penjuru Amerika). … Kok aku jadi ngomongin ini ya,, intinya .. ceritanya mengalir begitu aja begitu apik, sampai akhirnya aku nonton episode terakhir season 8 ini.

Harus kubilang episode 24 ini, yang merupakan episode terakhir season 8 ini, adalah episode yang paling kurang real dan mengalir seperti episode” sebelumnya yang pernah mereka tayangkan. Oke, memang ada beberapa episode GA yang agak absurd, tapi masih bisa dimaafkan lah kurasa. Tapi ini, ..

Episodenya diawali dengan Meredith Grey yang tersadar setelah kecelakaan sebelum kemudian dibangunkan paksa oleh Christina Yang, sementara di sekitar mereka keadaan sudah sangat kacau. Pesawat yang mereka tumpangi udah nggak berbentuk, puing-puing tersebar di mana-mana, dan semua orang kena PTSD (Posttraumatic Stress Disorder) karena kecelakaan yang baru saja menimpa mereka, beberapa di antaranya terluka parah .. harus kuakui ekting mereka mantaabb abis, terutama Christina yang masih nyariin sepatunya dalam keadaan ricuh sebagai bentuk pelampiasan syoknya.

Yang terpikir di kepalaku adalah, namanya juga film ya, para dokter ini masih hidup dan utuh aja (meski patah tulang dan internal bleeding di mana-mana) setelah pesawat jatuh dan hanya tersisa puing-puingnya yang udah nggak lengkap, kalau ini terjadi di dunia nyata, seharusnya nggak ada yang selamat kalau modelnya udah begini. Tapi memang nggak semua pada akhirnya hidup, spoiler itu akhirnya terjadi juga ketika pada akhirnya Lexie Grey adalah korban meninggal yang dimaksud. Aku benar-benar sangat menyayangkannya karena aku adalah salah satu penggemar Lexie Grey dan juga karakternya yang lovely di serial ini, dia selalu memberi pemandangan dan adegan yang fresh sama kelabilannya, aku semakin hari karena aku semakin menikmati hubungan “let me be your little sister”nya sama Derek. Yang paling mengharukan adalah adegan saat Mark akhirnya bilang juga kalau dia mencintai Lexie, sumpah rasanya pengen nangis di sini, suasananya yang solemn karena Lexie dalam keadaan terhimpit ekor pesawat dari dadanya ke bawah, dan dia udah di ujung maut saat Mark mencoba untuk mendorong semangatnya dengan berkata bahwa suatu saat nanti mereka akan menikah dan punya anak … Seharusnya aku sudah bisa menduganya sejak episode sebelumnya, karena tiba-tiba saja Lexie ngaku ke Mark how she loves him so much, cute and passionate confession .. so typical Lexie, dan orang yang berubah tiba” itu pasti bakal mati pada akhirnya … OMG, what can be more tragic than this.

Dua setting diceritakan di sini, pertama di area hutan tempat jatuhnya pesawat, satunya lagi balik di Seattle Grace di mana sisa-sisa dokter yang nggak ikut acara memorial melanjutkan hidup mereka. Yang bikin gregetan adalah kenapa lama kali ini lama sekali untuk Owen Hunt menyadari kalau para dokternya nggak hadir di Boise, berita mereka nggak muncul baru disebutin malam” ketika Owen ngecek voicemail kantornya.. Dem, aku ngerti kalau jadwal operasinya hectic sekali hari itu, tapi apa gunanya asisten kalau bukan untuk menjawab telepon??? Ini benar-benar nggak bisa diterima hingga aku ngeliat kali ini Shonda ceroboh sekali memutuskan plot endingnya, I mean, aku bisa menerima kalau akhirnya menggantung, as usual. Dalam sebuah artikel aku pun pernah baca bahwa meski di akhir season 8 para dokter ini selamat, tapi belum tentu mereka ‘semua’ bisa pulang utuh karena banyak hal yang mungkin terjadi.

Permasalahan mereka konon adalah ada beberapa aktor yang belum memperpanjang kontraknya untuk ke season 9 di antara mereka yang jadi korban pesawat jatuh ini, Patrick Dempsey dan Ellen Pompeo konon sudah tanda tangan kontrak dan itu berarti dipastikan mereka akan baik-baik saja. Tapi lainnya, Jessica Chapsaw (dr Arizona Robbins) dan Eric Dane (dr Mark Sloan) konon belum ada kepastian, jadi kurasa ada kemungkinan kalau satu di antara mereka nggak akan selamat di season selanjutnya, atau mungkin keduanya. Pertama karena back in Seattle, Callie keliatan berbunga-bunga sepanjang hari nunggu Arizona dan hal seperti ini biasanya bukan pertanda baik .. lalu Mark yang semangatnya menurun setelah Lexie nggak ada, ditambah lagi keadaan mereka berdua yang udah semakin parah. Kita hanya bisa berharap yang terbaik untuk keduanya.

Uff, kali ini aku benar-benar speechless, … dan ini lebih parah dibanding terakhir kali insiden penembakan di finale season 6. Aku sama sekali nggak pernah menduga ending seperti ini untuk Lexie Grey, one of my fave characters in GA, dan Shonda Rhimes konon nggak berniat untuk memunculkannya kembali *seperti semacam kemunculan Denny Duquete saat Izzie berjuang melawan kanker* .. It’s a great loss, but she will always be remembered.

Season 9 konon akan baru dimulai bulan September nanti, dan aku benar-benar nggak sabar untuk menunggu bulan itu datang >.< Cepatlah datang! cepat! *narik ingus*

Rest in Peace dr. Lexie Grey

3 comments

  1. salam kenal, aku jg penggemar berat serial ini, walaupun baru ngikutin dari season 6, btw bisa kasih tau alamat donlot langganan yg diomongin diatas, mupeng banget buat nonton season sebelumnya ^_^ thx be4 ya

  2. jalan2 ke blognya mbak dee lagi, eh nemun spolier GA.
    udah abis aja season 8? terakhir nonton waktu masih awal2 season 7. karena males nungguin tiap minggu, jadi ga pernah donlotin lagi deh.
    lexie meninggal yah. aahh.. aku juga suka dia. cantik. dia yang paling seger tampangnya, yg lainnya kan keliatan tua. wkwkwkwk…
    langsung meluncur ke idws ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s