About Ayu Ting Ting’s Epic Fail.

Keinginan aku buat nulis sesuatu sekalian update blog muncul begitu menonton sebuah video ketika sedang Tubewalking. Diawali ketika one of my beibz, Choi Kiky bercerita tentang salah satu band anyaran di Indonesia, tersebutlah Cherrybelle yang tampil di SCTV Awards bernyanyi live sama Ayu Ting Ting, bahkan mengcover dua lagu terkenal dari girl group Korea Wonder Girls – Nobody dan 2NE1 – I am the Best, aku mendengarkan cerita dia dengan seksama.

Jadi yang Kiky katakan ke aku adalah, betapa dia cukup respek dengan penampilan Cherrybelle yang berhasil tampil LIVE, tanpa lipsync, bernyanyi sekaligus menari .. meskipun masih ada cacat di sana sini, intinya untuk ukuran grup karbitan tipe Indonesia itu sudah lumayan. Ditambah lagi ketika dia cerita tentang kolaborasinya sama Ayu Tingting, .. singkat kata, akhirnya ceritanya bikin aku tertarik untuk ngeliat sendiri pertunjukkan spektakuler macam apa sih yang mereka perlihatkan? karena aku sudah cukup tertarik dengernya.

So, inilah enaknya kalau internet kamu selalu menyala 24 jam dengan kecepatan maksimal (*mulai congkak), jadi kalau tiba keingetan sesuatu, tinggal ketik .. kebukalah situs yang kita pengen, tanpa perlu dial-up modem atau pergi ke warnet … eniwei, jaman gini siapa sih yang masih pake jasa warnet? *guweh siap dirajam*

Kemarin malam, .. umm, atau dua malam yang lalu ya, seperti kebiasaan kalau lagi nggak ada kerjaan, yang cuma aku bisa kerjain, kalau nggak maen Party Tonight di fesbuk, paling menggalau di youtube. Saat itulah ketika aku teringat cerita Kiky beberapa malam sebelumnya dan mulai mencari video yang dia maksud … (aku sungguh nggak bisa membayangkan gimana hidupku tanpa GOOGLE dan YOUTUBE). Silakan kalian tonton deh video di bawah ini:

What do you think? spektakuler banget kan??

Or at least, that’s what you think, because I’m thinking a little bit way different.

First thing first, bukannya aku bersikap begitu sinis dan apatis dengan perkembangan musik Indonesia saat ini ya, tapi terus terang saja, the new concept of iPop music is getting duller to the fullest. Seriously.

Video ini dimulai dengan sembilan orang cewek (bener sembilan kan, jumlahnya?) dengan pose sedemikian rupa, acting as if they’re the cutest being in the whole universe <—- and this is not a sarcasm, menyanyikan single mereka berjudul “Dilema” terus dance (???? or song) break dengan lagu Wonder Girls – Nobody bareng Ayu Ting Ting, dilanjut Dilema lagi sebelum akhirnya Ayu Tingting unjuk gigi menyanyikan lagu 2NE1.

Oke, lupakan Cherrybelle sejenak, dan kita fokus sebentar ke Ayu Ting Ting. I will be very bias and talk about her so much behind her back after this, so please handle your emotion for a sec.

Ketika pertama kali aku liat video ini, yang terpikir di kepalaku adalah ..

“Wow, this girl has that guts to sing 2NE1’s song!” – berlebihan kah?

Nggak sama sekali, kurasa semua K-pop listeners di pelosok negri ini pasti terperangah karena Ayu Ting Ting lebih memilih meng-cover “I am the Best” lagu hit milik 2NE1 yang terkenal dengan imagenya yang strong dan intimidatif, daripada meng-cover Wonder Girls atau Girls’ Generation dengan image yang lebih soft dan cute, seperti pilihan Cherrybelle sebelumnya. I totally amazed by her performance, .. meski suaranya timbul tenggelam dan nggak stabil, tapi aku masih bisa memaklumi karena lagu itu memang dibuat bukan untuk solo singer.

Wait, that’s not all. Pikiran itu kemudian hilang seketika saat aku mendengarkan dengan seksama lirik yang dia nyanyikan. Dengan kekuatan suara yang, … oke, nggak jelek memang, tapi nggak cukup bagus buat aku bilang keren, Ayu Ting Ting menyanyikannya dengan so-so, pelafalan bahasa Korea yang medok Indonesian (sekali lagi ini sangat kumaklumi, karena kurasa dia beginner juga dan korban latah Hallyu Wave) .. bait pertama liriknya, aku masih bisa mengikuti .. tapi selanjutnya, .. WAIT.

Putar kembali video di atas, dan bandingkan dengan lirik di bawah ini:

[CL]
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
je je jeil jal naga (Beat!)

Bam Ratatata Tatatatata (Beat!)
Bam Ratatata Tatatatata (Beat!)
Bam Ratatata Tatatatata (Beat!)
Bam Ratatata Tatatatata
Oh my god

[Bom]
nuga bwado naega jom jugyeojujanha
alright
duljjaegaramyeon i momi seoreopjanha
alright

[Dara]
neon dwireul ttaraojiman
nan amman bogo jiljuhae
nega anjeun teibeul wireul ttwieodanyeo
I don’t care

[CL]
geondeurimyeon gamdang motae
I’m hot hot hot hot fire
dwijibeojigi jeone
jebal nuga nal jom mallyeo

[Minzy]
otjangeul yeoreo gajang
sangkeumhan oseul geolchigo
geoure bichin nae eolgureul
kkomkkomhi salpigo
jigeumeun yeodeorp si
yaksoksiganeun yeodeorp si ban
dodohan georeumeuro naseon i bam

[Each girl sang this verse]
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
naega jeil jal naga
je je jeil jal naga

(lyric taken from: Hallyucafe.com)

So, sudah ketangkap kan apa yang nggak beres dari penampilan di atas? Ketika aku menyadarinya, I was like, … “WHAT THE HELL IS SHE DOING WITH THIS SONG???”

Oke, I won’t act ridiculous like a kid bashing her on and on for her stupidity, but let me say that … that was the the worst crap I’ve seen on internet.

Pertama, ini adalah ajang penghargaan untuk artis Indonesia, where they’re supposed to be proud of by appreciating their own masterpiece and sing their own music, so I see no point why they’re even trying to cover songs from some of other language.

Kedua, oke, the reason is to attract more viewers and to raise the program’s rating, karena yang sedang nge’tren’ saat ini adalah KPOP, kurasa sang stage director berpikir dengan penampilan cover macam ini akan membuat, seenggaknya, panggung terlihat lebih menarik atau bergengsi, atau entahlah semacamnya. Na-ah, bad decision, especially when she’s not even memorize the lyric.

Mendadak aku membayangkan sebuah situasi seperti ini. Kita tau bahwa Ayu Ting Ting terkenal sebagai penggemar Kpop Music, dan di beberapa program dia bilang pengen banget nyanyi lagu Korea (sebenernya aku tau ini dari cerita budeku yang suka banget sama Ayu Ting Ting, so, honestly, aku belum meng-confirm kebenaran ini dari sumber yang terpercaya .. but let it slide, since this is my own-made situation). Tadinya Ayu sama sekali nggak mempersiapkan aksi cover K-pop karena itu hanya sebatas keinginan aja, tapi karena sang stage director tau soal keinginan itu, dan karena dia juga punya andil untuk membuat konsep yang bisa menarik penonton, maka ditawarinlah Ayu Ting Ting buat mengcover KPop song.

SD: Ayu mau nggak nyanyi lagu Korea buat SCTV Award nanti?

Ayu: Wah, boleh, boleh .. tapi lagu apa ya? Umm, ..

SD: Yang Ayu suka aja deh apaan, nanti kita siapin MRnya, Ayu tinggal nyanyi aja.

Ayu: Umm .. SNSD, aduhh .. lagunya susah. Wonder Girls, .. udah sama Cherrybelle. Aku suka 2NE1 sih, tapi lagunya nggak terlalu hafal ..

SD: Ya udah itu aja gak papa, nyanyi sebisanya aja .. orang-orang juga nggak ngerti artinya ..

WRONG.

WRONG.

WRONG.

Kalau dia berpikir bahwa nggak ada yang akan nyadar bahwa dia nyanyi dengan lirik ngawur, itu salah besar. Aku nggak tau apa motifnya nekat tetap tampil di atas panggung dengan persiapan kapasitas rendah tanpa bahkan berusaha untuk mengingat lirik lagu yang ribuan orang di Indonesia ini hafal, dan menyanyikannya dengan kepercayaan diri yang tinggi as if we’re bunch of stupid pigs who knows nothing about Korean language, itu sangatlah arogan.

Seriously, I used to respect Ayu Ting Ting, terutama ketika mendengar kepribadiannya yang rendah hati dan lugu, .. or least, saat ini dia adalah penyanyi paling ‘waras’ di antara penyanyi dangdut lainnya. She was about to be my own mental idol after Sherina Munaf, .. tapi kemudian, well, people can change rapidly while living in a new glamorous world.

I do appreciate her effort in trying her best to perform “THE BEST” on stage, tapi sungguh, lain kali, kurasa kalau dia memang nggak hafal liriknya, nyanyikan saja lagu lain yang bisa dia mengerti artinya dalam bahasa yang dikuasai. I liked her enough by singing dangdut LIVE without shaking her hips, I used to.

She needs to rethink, and retrains a lot of her skill for a better performance in the future, for the sake of credibility.

~~

Eniwei, you can bash me if you think I said too much, or whatever. Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin aku bahas tentang fenomena latah orang Indonesia dalam menerima sebuah tren baru dari budaya luar, tapi kurasa, lain aja deh .. There’s a fanfiction I need to finish, see you on my next “unimportant writing”!!

xoxo.

Gutbam!

 

6 comments

  1. Menarik banget “unimportant writing“ mu, tapi mengenai bahasan lirik asik banget, jadi inget dulu pernah bikin resensi lirik lagunya bang Jimi Hendrix : “Little Wing“, lumayan ngawur… Hehehe… Karena itu persepsi yang saya tangkap, ternyata kalau dari sisi musik, lagu ini tidak ada endingnya… Jadi terserah yang mau membawakan dengan lirik tambahan atau aransemen tambahan, basicly sie Blues, tapi asik juga dibuat sedikit ada sentuhan Rock or Soul…
    Semoga “unimportant writing“ ini bermanfaat non.
    -bimo rintoko-

  2. Wow.. Ternyata ada yg sadar jugaa.. Aku nonton SCTV award juga, pertama liat ayu ting2 like “wooo, dia cover 2NE1 dan itu lagu I am the best!! Keren banget!” itu komen pas di msh nyanyi lirik awal, ehh pas selanjutnya maaah (-_-“) swt.
    Setuju deh sama chingu, mndg dia cover yg dia hapal atau nyanyi dangdut aja dehh.. xD

  3. Haaahh, serius! Baru dengerin cover versionnya Ayu Ting Ting… Dia ngomong apaan tuh?? mulai dari Dara version aja liriknya udah ga beres.. yang kedengeran cuma “non naege jaga non naege jaga” Whoaaaaaa >.<

  4. berhubung aku tetep dongdong, jadi aku sebenernya gak tau di mana letak salahnya pelafalan jeng ayu. mungkin karena aku sudah terbius sama lagu ini. tapi overall secara penampilan memang aku gak berani bilang itu waaaw.. oh aku bilang gitu deng. alesannya karena kaget juga tiba-tiba dia nyanyiin lagu itu.
    lirik IATB kan gak susah jadi kurang persiapannya keliatan banget.

    gelegar iPop (aku baru tau kemaren istilah ini lho) ini yg salah itu bocah-bocah yg pengen jadi artisnya atau orang-orang yang mau pada ngorbitin sih? ckckck..

  5. mostly i feel the same way with u….
    bukannya ga ngedukung musisi kita tapi pliz deh….. mostly semuanya dilakukan secara instan n seadanya, danakhirnya hasilnya malu-maluin….
    ckckckck….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s