About Author vs Writer

Beberapa hari ini saya sempet dibikin bingung, .. err, sebenernya udah lama sih, tentang beda antara author dan writer.

Oke, I know. Di kelas memang kami membahas soal ini, but I don’t know why I still can’t get it. Jadi tadi sambil blogwalking saya nemuin artikel yang keren inih. Kali ini nggak ada pemikiran ori seperti sebelumnya, saya agak capek, .. jadi, repost aja deh, hehehehe…

——

 Author vs Writer

Kita sering menggunakan kata-kata author dan writer secara bergantian. Tapi memang kedua kata-kata ini sangat berbeda. Seorang writer adalah orang yang menulis buku, artikel, atau bentuk sastra apapun, sementara author pada dasarnya adalah orang yang memiliki asal ide, alur, atau isi dari karya yang sedang ditulis.
Pada saat-saat tertentu, author dan writer bisa menjadi orang yang sama. Dalam kasus otobiografi, seseorang menulis tentang hidupnya sendiri. Jadi sang author mengekspresikan pemikiran dan idenya sendiri. Namun dalam kasus seperti biografi, writer bukan sang author. Yang dia tulis adalah Ide-ide pemikiran orang lain yang disampaikan padanya.

Meskipun perbedaannya tidak terlihat terlalu jauh, tergantung pada situasi, perbedaannya bisa lebih. Jika kamu menulis sebuah novel atau cerita pendek berdasarkan plot yang dikembangkan oleh dirimu sendiri, kamu bisa dikenal sebagai author dari novel tersebut. Dan jika Anda menuliskan ide atau cerita dari orang lain, kamu akan dikenal sebagai writer dari karya tersebut. Menjadi writer kadang kali lebih mudah daripada menjadi seorang author. Alasannya adalah bahwa seorang author harus menciptakan, mengembangkan, dan mengkomunikasikan ide, sementara writer hanya mengkomunikasikan ide orang lain. Seorang author dapat dimaklumi jika kemampuan menulisnya tidak begitu kompeten. Tapi seorang author harus memiliki keterampilan menulis yang luar biasa untuk menjadi dominan di bidangnya ini. Keterampilan menulis termasuk penguasaan atas bahasa dan ekspresi dengan bermain kata-kata. Keterampilan ini dapat diperoleh melalui tulisan konstan dan mungkin merupakan bakat bawaan dalam beberapa orang. Hanya writer yang terampil mampu menggambarkan ide-ide, acara, dan gambar melalui penggunaan kata-kata belaka.

Ketika dalam hal menulis buku, seseorang menjadi seorang author hanya ketika buku ini diterbitkan. Jika karya kamu tidak diterbitkan (dalam media apapun), dan bahkan jika gagasan itu adalah murni sendiri, kamu akan tetap dianggap sebagai seseorang yang menulis sebuah karya. Dan ketika karya kamu diterbitkan kamu bisa dikenal sebagai author dari karya ini. Jadi jika kamu menulis banyak tulisan, tetapi tidak pernah menerbitkan mereka ke publik, kamu tetap seorang writer.

Seorang author bisa mendapatkan hak cipta atas karyanya berdasarkan undang-undang hak cipta. Hal ini memastikan bahwa tidak ada orang lain yang bisa mencuri atau menggunakan ide aslinya sebagaimana adanya. Jadi hanya author tersebut yang selalu dikaitkan dengan ide asli dan karya ini. Untuk menjadi author kita harus memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengungkapkan pikiran. Dan writer harus memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan ide dengan benar untuk pembaca.

Summary

1. Untuk menjadi seorang author, ide tulisan kamu haruslah jadi milikmu sendiri dan kamu harus mempublikasikannya.
2. Seorang author harus memiliki keahlian tertentu tetapi seorang writer memiliki keterampilan yang cocok dengan pekerjaan yang dia perlukan.
3. Kamu menjadi seorang author bila karyamu dipublikasikan, kalau tidak kamu hanya seorang writer.
4. Seorang author bisa mendapatkan hak cipta untuk karyanya.

credit to: Difference Between Author and Writer | Difference Between | Author vs Writer

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s