About Louboutin’s Catalyst – Behind the Story

Image

Aku baru saja selesai mem-publish chapter terakhir Louboutin’s Catalyst, sebuah fiksi yang pernah aku sebut di postingan sebelumnya.

Dan seperti yang kubilang, ini adalah semacam novel, fiksi yang sangat aku puja *ealah bahasanya*.. I mean, aku sungguh sangat serius menggarapnya, dari perihal karakter, research mendalam tentang banyak hal seputar dunia fashion, ekonomi makro Korea Selatan hingga isu politik mereka. Yang paling nggak bisa kulupakan adalah betapa aku menjadi sangat akrab dengan Google Earth ketika menuliskan beberapa detail dalam tiap chapternya, hahaha..

Berawal dari obrolan dengan seorang teman mengobrol pintar Uliel Afwa, aku lupa saat itu lagi ngobrolin apa hingga tiba” dia menyeletuk (aku harus bilang bahwa anak ini sangat random, jadi nggak heran kalau obrolan kami bisa jadi sangat nggak nyambung dari satu topik ke topik lainnya) bahwa Christian Louboutin, sang prodigy pembuat sepatu yang digilai para wanita ini konon hanya mengeluarkan satu macam item sekali aja. Ketika pertama kali LC dibuat, sebenarnya aku juga nggak akan pernah menyangka bahwa cerita ini akan sebegini rumit, tanpa sosok Elliot Shinn, tanpa pembangunan Shinsegae spider arcade, tanpa ide pemberontakan Black Pearl, atau bahkan kematian Kim Jong Il (kalau ini jelas ada karena beliau tiba” saja wafat Desember tahun lalu) yang ditulis karena salah satu teman obrolan pintar lainnya Kiky Sri Rejeki nantangin buat memasukkan isu kematiannya menjadi salah satu pendukung cerita. Sekali lagi, kategori cerita ini adalah Non-Teen Fiction, karena itu aku sama sekali nggak berharap pembaca yang masih remaja bakal ngerti intrik-intrik psikologi di dalam plotnya. >.<

LC mengajarkan aku tentang banyak hal, .. well, nggak cuma LC, hampir semua fiksi yang kutulis selalu sarat dengan research. Sebenarnya pada intinya karena kupikir, aku nggak hanya ingin sekedar menulis, sebuah fiksi atau cerita romance cinta-cintaan yang begitu klise dengan akhir yang bikin bulu kuduk merinding. Lebih dari itu, aku ingin mendapatkan sesuatu dari dalamnya, aku ingin pembacaku juga mendapatkan pengetahuan, apapun lah itu meski hanya sekedar bentuk ‘do you know’ yang sangat ringan, tapi begitu trivial dalam kehidupan sehari-hari. LC kurasa adalah proyek terbesarku setelah Worth a Dream yang kubuat 3 tahun yang lalu.

Jadi, tanpa aku menjelaskan bagaimana cerita LC dari awal sampai akhir (yang pengen tau baca sendiri, scroll ke bawah untuk lihat linknya), banyak di antara pembaca yang mungkin masih belum jelas apa yang dimaksud dengan Louboutin’s Catalyst, atau kenapa aku memilih judul itu untuk fiksi ini. Kali ini aku akan menjawab pertanyaan itu untuk kalian.

Dalam konteks sastra, untuk melihat sebuah keseluruhan cerita terdapat dua macam inti penyatu pembentukan sebuah fiksi. Yang pertama adalah “kernel” – unsur-unsur penting sebagai poin yang paling menonjol dalam sebuah cerita dan yang paling diingat (contohnya dalam kisah Harry Potter, Kernel  adalah Harry adalah anak yang bertahan hidup dan ditakdirkan untuk melawan Voldemort), lalu yang kedua adalah “katalis” – unsur-unsur pendukung yang saling berhubungan yang melengkapi rangkaian satu cerita secara keseluruhan (kalau di HP misal ketika Harry ketemu Dobby, seorang peri rumah yang ternyata nantinya bakal bantuin dia keluar dari mansion Malfoy atau cerita” tentang persahabatannya denga Hermione dan Ron).

Katalis (Catalyst) yang sama juga aku pakai di LC ini. Dibuka dengan kata-kata dari seorang wanita teman seperjalanan Kyuhyun, akhirnya merambat hingga ke akhir cerita. Dan bila kalian sudah membaca akhir chapternya, judul ini akhirnya terjawab di sana.

Louboutin’s Catalyst adalah sebuah kisah tentang persahabatan. Kurasa ceritanya nggak muluk, hal-hal yang seringkali terjadi di sekitar kita, bagaimana kamu pada akhirnya jatuh cinta pada seorang sahabat setelah bertahun-tahun tumbuh dewasa bersamanya. Kyuhyun menyimpan perasaannya sendiri di dalam hatinya tanpa pernah berani mengungkapkannya ke Hyunji karena dia berpikir bahwa itu bukanlah hal yang bijak, Hyunji selalu menganggapnya sebagai seorang sahabat dan bila dia tiba-tiba mengakui perasaannya, dia bisa saja menjadi seorang pengkhianat persahabatan. But, hey, jangan kira hal semacam ini nggak mungkin terjadi, .. kurasa mungkin nggak banyak orang yang bisa menerimanya karena pengkhianatan ini terasa sangat klise, tapi coba deh sekali saja kamu mencoba berteman dengan seorang lawan jenis bertahun-tahun, dan HANYA menganggapnya sebagai teman. Kamu akan benar-benar merasa terkhianati bila dia tiba-tiba saja menyatakan perasaannya ke atas permukaan *speak of experience*.

Lalu dilanjut, ketika pada akhirnya Kyuhyun sudah berniat untuk benar-benar menyatakan perasaannya, meski itu membutuhkan lebih dari tujuh tahun untuk menyiapkan diri, dan ketika kembali ke Korea ternyata dia menemukan bahwa Hyunji telah memiliki pria lain dalam hidupnya. Alur kehidupan mereka berjalan seperti layaknya para manusia yang sedang dilanda cinta dan rasa cemburu, sangat normal hingga pada akhirnya, pada satu saat tertentu Kyuhyun mengutarakan cintanya.

LC sangat simple, katalis-katalis yang terhubung menyinambungkan kisah antara Kyuhyun, Hyunji dan Elliot Bagaimana pada akhir chapter Kyuhyun menyadari bahwa semua yang terjadi di antara mereka bertiga merupakan sebuah butterfly effect dari kecerobohan masa mudanya, sebuah keegoisan, sebuah pembenaran yang tidak pernah dia akui sebelumnya. Di chapter 28 (ffindo chapter 27), Hyunji memberi Kyuhyun sebuah petunjuk, bagaimana dia telah menunggu selama lebih dari 22 tahun dan memberi Kyuhyun kesempatan selama itu untuk mengutarakan perasaannya, sebelum Hyunji akhirnya bertemu Elliot. Memutuskan ke mana kamu akan menaruh hatimu bukan sebuah perkara yang mudah, Hyunji mencintai Elliot, hubungan mereka mungkin tidak akan dimengerti oleh banyak orang karena terlalu banyak pengertian dan keabsenan hormon feromon, tapi kurasa di sanalah letak sebuah hubungan yang dewasa. Ketika kamu tidak hanya memikirkan sekedar nafsu dan emosi untuk memenuhi tiap hasrat untuk mencintai seseorang, dibutuhkan sebuah proses pendewasaan yang sangat matang untuk bisa menerimanya. *I finally speak like an adult* .. Dan Hyunji pernah mencintai Kyuhyun, selama 22 tahun sebelum akhirnya Elliot menggantikan posisinya dan mengisi ruang hati Hyunji secara utuh.

Endingnya sendiri, seperti yang sudah kukatakan sebelumnya, … sudah kuduga banyak orang berpikir bahwa akan ada adegan pernikahan antara Hyunji dan Kyuhyun, dari beberapa komentar yang kudapat mereka bahkan nggak puas dengan akhirnya karena menurut mereka ‘happy ending’ selalu diakhiri dengan kedua karakter utamanya berjalan dengan langkah yang sama saling mencintai hingga akhir hayat (aku nggak tau kenapa orang lebih prefer akhir seperti ini dalam tiap cerita, ini benar” sangat klise). But see, kalau dipikir lagi, akhir itu malah akan sangat terkesan so dramatic dan sangat terburu-buru hanya dalam waktu dua tahun, aku akan kasih tau kenapa dalam ulasan di bawah ini, dan selain itu, I have my own version on a happy ending, .. para karakterku pun memiliki hak untuk memilih bagaimana kehidupan mereka akan berlanjut. Maka di sinilah aku memberikan mereka peluang untuk memilih, juga para pembaca, mau dibawa ke mana hubungan mereka tadi.

Kalau mau nurutin keinginanku, jelas aku akan mengambil jalan lebih logis. Mereka tidak akan pernah kembali bersama, suatu saat nanti mungkin Hyunji akan menemui cinta barunya di ujung Amerika sana, begitu juga dengan Kyuhyun .. atau mungkin Hyunji memutuskan untuk sama sekali hidup sendiri dengan segala trauma yang pernah dilaluinya. Tapi sekali lagi, kita semua tau bahwa Hyunji lebih kuat dari pada itu.

Intinya adalah, seperti Louboutin yang secara eksklusif mengeluarkan satu item hanya sekali sepanjang hidupnya, begitu juga dengan Hyunji. Dia pernah mencintai Kyuhyun dan memberinya kesempatan cukup lama (pada dasarnya karakternya bukanlah seseorang yang mampu mengekspresikan perasaannya secara gamblang, and for once in her life, she’s a girl who doesn’t speak up about her heart in front of her best friend .. speaking of hierarchy) untuk menyatakan perasaannya, yang ternyata dilewatkannya begitu saja, sebelum kemudian Elliot Shinn muncul. Kuharap kalian bisa memahami bagaimana susahnya melupakan seseorang yang pernah kita cintai, jangankan ditinggal mati .. ada saatnya ketika kita putus sama orang, kadang kita masih teringat saat-saat menyenangkan yang pernah kita lalui bersama si mantan, atau semacamnya .. iya, kan? ;p

Sekarang banyangkan kamu adalah seorang Choi Hyunji, seseorang yang tidak mudah memberikan hatimu pada pria yang random, seseorang yang akan mencintai dengan tulus secara dewasa, seseorang yang mengalami begitu banyak kejadian traumatis .. seseorang yang batal menikah padahal selangkah lagi saja, kamu akan menjadi istri seseorang, semuanya euforia ini tiba-tiba saja terasa seperti mimpi ketika beruntun tragedi-tragedi itu menimpamu. Dua tahun bukanlah waktu yang tepat untuk bisa melupakan semua masa lalumu, dua tahun tidaklah cukup untuk mencintai orang lain dan memulainya dari awal seolah cinta yang lama tidak pernah hidup mengisi hari-harimu selama bertahun-tahun. Lepas dari versi keinginanku, Hyunji pada suatu saat nanti bisa saja berubah pikiran dan member Kyuhyun kesempatan kedua, tapi sepertinya Kyuhyun harus benar-benar sabar menunggu bertahun-tahun lamanya dengan rangkaian terapi dan usaha untuk meyakinkan Hyunji bahwa mereka bisa memulainya dari awal.

Last but not least, one thing you need to know is that

“People cry not because they’re weak. It’s because they have been so strong too long.”

See you on my next post entry,

Love ya!

xoxo.

P.S

Bagi yang ingin baca Louboutin’s Catalyst, kamu bisa cek di daftar fanfiction yang aku bikin.

———————-

original image source: fiendprincess

About these ads

31 comments

  1. awesome keren gokil…
    klu bhsa ibu gw bilangx DAEBAAAAK thor ^^

    well..walopun gw pngen hepii ending tpi gw bsa ngerti keputusan yg d ambil hyunji..
    jelas gak mudah buad nglupain seseorang yg bgtu pnting d moment yg bgtu sakral palagi sosok soulmatex “elliot shin” dgambarin kyk changmin gtu ho2

    tapiii..gw juga gak bsa mngesampingkan tokoh seorang kyuhyun..ok dy terlalu takuut buat ngungkapin isi hatix padahal dy punya ksempatan cukup lama..tapi emang gak mudah jga buat cowok ngomong sukak sama cewek palagi yg notabenx sahabat dri kecil gtu even uda slama itu waktu yg diberikan hyunji…*in my opinion ^^

    hm..apapun itu gw harap da sekuelx thor…sayang ja klu gk dilanjutin
    *readers’s wishes :D

    salam kenal ^^

  2. sista…bisa minta link2 cerita, fanfic or anything story yang lain yang ditulis sama kamu? aq benar2 menyukai LC, dan ingin membaca karya2 kamu yang lain…=) skrg siy lg baca worth a dream…….

  3. Anyeong kak,
    aku reader baru,td subuh aku buka ffindo trus ada LC c 1
    aku penasaran banget sama chapter selanjutnya dan aku cari* blog kaka,akhirnya ketumu
    nah pas ada ttng about LC behind the story,aku baca aku kira LCnya blom kelar eh sebaliknya udh end
    singkat cerita,aku izin baca LC kaka dan aku bakal usahain di setiap chapter aku comment :D *promise
    anyeong, kaaaks

  4. hi dee, anyeong…
    ketemu lagi… *lambai tangan*

    awalnya aku pikir, karena judulnya ada chatalyst-nya, jadi kudunya kyu ma hyunji pada akhirnya jadian. dan mas changmin si katalisnya. bukannya biasanya begitu yah, katalis ikutan dalam reaksi, mempengaruhi reaksi, tapi di akhir dia tetep ga ada. klo kyu ma hyunji ga bersatu, berarti reaksinya gagal donk, kudu nge-lab lagi nih, ulang lagi percobaannya *loh?*
    tapi kan hasil akhir mah terserah yang punya percobaan, ya gak?
    dan buat aku, kamu keren banget bikin akhir yang kya gitu, menyerahkan nasib kyu ma hyunji ke pembaca. walaupun kadang aku sebel baca cerita yang akhirnya nge-gantung.

    ayo dee, nulis lagi…
    ntar aku bakal jadi fans setia kamu, hehehe…
    daaann.. aku jadi ikutan wattpad loh *hayah, ketauan gapteknya, sebelom ini ga tau wattpad*

    1. soal konsep kerja katalis itu, dalam hal ini kita bicara dalam konteks sastra ya.
      aku menggaris bawahi kata” kamu —> “mas changmin si katalisnya. bukannya biasanya begitu yah, katalis ikutan dalam reaksi, mempengaruhi reaksi, tapi di akhir dia tetep ga ada”
      pertama” .. jelas nggak ada karena .. well, kamu tau apa yang terjadi sama Changmin, lalu kalau kamu refer Changmin sebagai katalis, reaksi macam apa yang kamu maksud terjadi pada kyu sama hyunji sampai kamu bilang gagal? lalu nge-lab lagi dan ulang lagi percobaannya, I dont get where’re you going in this case.

      Meski dalam konteks kimia nggak jauh berbeda sama katalis dalam konteks sastra…., yang kamu harus ingat adalah judulnya —–> Louboutin’s Catalyst, bukan Changmin’s Catalyst. Jadi katalisnya di sini adalah kisah tentang Louboutin yang disebut sejak chapter 1, bukannya Changmin .. am i right? so your argument is invalid. hahaha..

      terima kasih untuk dukungan kamu, aku akan terus menulis selama aku masih mampu, jangan kuatir, hehehe… ikutin terus karya”ku~!!^^

  5. Anyeong kak
    mungkin aku udh buat kecewa kaka,aku ga komen lc part 7-17
    dan aku ingkar janji
    tp jujur kak aku jenuh banget selesai UN ini,ga tau kenpa,jadi sekali lagi aku minta maaf,aku mersa berslah banget ga komen” hanya nge like itu pun telat
    jadi aku harap kaka maklumin,ne?

  6. Kaka dee
    aku ada kritik nih dipart 29 soalnya aku udh ga sabaran nunggu part 29 di ffindo,dan ga berani lagi komen macem” di ffindo sebelum part selanjutnya keluar jadi aku komen di blog kaka aja deh
    begini kak
    mungkin kaka lupa atau apa di part 29 ada kyu bilang ke hyunji kalau merka tdk akn bertemu selama 20 bulan ke depan karna kyu mau melaksanakan kewajiban militernya*seingetku
    tp bukannya kyu udh selesai melaksanakan kewajiban militernya setelah dia lulus sma secara suka rela?aku lupa di part berapa,kalau ga salah di part awal sblm part ke 5,

    aku disini hanya kasih tau kesalahan kecil bukan bermaksud apa apa :D v
    dan 1 lg pertanyaanku kak
    soohyun itu siapa ya kak,di beberapa part ada nama soohyun yg muncul dan aku pikir soohyun itu kyuhyun, right?

    1. aku memang edit LC dari awal lagi, jadi kurasa yang kamu baca adalah bagian dari sebelum kuedit, kemudian yang sudah. Sambil upload ke ffindo aku mulai cek lagi satupersatu, dan mungkin ada yang kelewatan .. jadi itulah yang kamu dapat.

      ceritanya memang agak beda, jadi ketika kamu mau komen di ffindo, kurasa kamu harus baca lagi ceritanya karena banyak hal yang kutambahkan. Thanks.

      dan nggak perlu merasa bersalah karena nggak komen, kadang aku malah nggak begitu memperhatikan siapa aja yang komentar di tiap chapter, so, .. it’s fine.

  7. Okelah kak,
    aku tunggu,aku rela ko baca berkalikali,abis ceritanya bagus
    dan ga ngebosenin malah sampe ga sabaran buat nunggu next partnya
    fighting kaak

  8. Kaaaaak Dee kalau boleh jujur nih sebenernya aku agak gak ngerti tentang isu isu politik yang kakak jelasin secara detail… jadi aku agak mengskip bagian itu *maklum yah kak masih anak sekolahan*

    aku sebenernya pengen happy ending huhuhu tapi sepertinya hyunji juga butuh waktu lamaaa… kirain aku pas dia ngeliat kyuhyun ngasih cincin bakal langsung diterima.. tau nya enggak.

    kaaaak cerita kakak yang worth a dream ada di wattpad kakak nggak? mau bacaaa ^^

  9. Woaaa.. Aku kagum dgn kata2mu.. Semuanya.. Tentang persahabatan jga tentang cinta..
    Sedikit banyak aku mampu m’hayati prasaan hyunji pda kyu jg pada changmin krn q p’nah m’alami keadaan yg hampir sama.. Walaupun tdk b’akhir tragis spt hub. Hyunji-changmin.. Dan aku jg bsa mngerti hyunji tdk bsa atau belum mampu menerima kyu.. Ksahku yg 3bln aja u/move on butuh 2thn apalagi yg b’tahun2..
    Ah.. Mianhae jdi curcol^^

    terus b’karya!

  10. speechless,
    ga tau mau ngomong apa!!
    aku mlah suka dgn ending crtanya, aku ja ngak kepikiran smpai Kyu dan Hyunji menikah. aku cma berpkr bhwa Hyunji memulai dri awal dan ttp bershbt ma Kyu. emg sich byak yg nyangka Kyu ma Hyunji nikah soalnya ShinChang udah mati.
    byak jlan untk bhagia, bener ga ??hohoho
    pengmbran tokoh yg bgtu kuat dan dgn isu-isu yg terjdi…
    sukses buat ff selanjutnya ya^^

  11. ehemph… wah… ada BTS-nya LC nih… kayaknya aku udah komen panjang2 di tiap chapter LC kan ya, tapi entah kenapa setelah baca ini aku jadi berhasrat buat cuap-cuap lagi. LOL

    buat pembuka (??), aku pengen kasih tau, aku udah coba street view google earth-nya. :P *telat pake banget*

    teruuuuss… aku juga mau bikin sedikit BTS versiku sendiri selama aku baca LC nih.

    1. soal titel LC. Aku kayaknya pernah bilang kan kalo 1 poin plus yg aku kasih buat setiap fiksimu selalu datang dari judul? jadi begitu juga dengan LC. judulnya bikin aku bertanya-tanya. aku tau louboutin itu merek salah item fashion, tp aku ga bner2 ingat detilnya. aku cuma tau sepintas lalu.
    jadi begini… kalo boleh jujur, sampai saat aku baca chapter LC yg udah entah keberapa, pemahamanku soal pengertian katalis itu, masih sama kayak apa yg biasa aku baca di kamus yg selalu aku bawa ke kampus; ‘suatu zat yg mempercepat laju reaksi tanpa ikut bereaksi’.
    well, bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana aku mengimajinasikan sebuah merek sepatu menjadi katalis bagi hubungan kyuhyun-hyunji pada awalnya. aku mengartikannya apa adanya. lalu seketika aku inget sama filmnya park shi hoo yg judulnya prosecutor princess dimana si cewek (aku lupa namanya) sgt tergila2 sama fashion. dan dia kemudian ketemu sama shi hoo di sebuah acara lelang fashion. mereka rebutan sepatu limited edition dan taraaa~~~ kemudian jatuh cintrong. begitulah aku membayangkan kisah hyunji-kyu ke depannya tnp berpikir panjang soal filosofi-filosofi apa saja yg mungkin tersirat di dlamnya (pada awalnya nih). LOL (plis, jgn ketawain aku gara2 ini)

    2. lalu soal segala hal yang menyangkut perekonomian, politik, bisnis, fashion, pemberontakan, spionase dan berbagai macam lagi yg aku temukan di dlm LC… bener2 bikin aku ga henti2nya terperangah. dan aku percaya sepertinya research-mu bener2 dlm di tiap detil ceritanya. sesuatu yg g pernah aku lakukan di tulisan2ku. dan 1 hal lagi, kamu meramu unsur2 tak biasa dlm sebuah fanfiksi kebanyakan itu dan meramunya brsama romansa yg deep bgt.

    3. favorit character. favoritku nomer 1 masih Lee Biseo. dan kyu ada dinomer paling belakang list tokoh favoritku. Hingga menjelang bbrp chapter terakhir LC. aku mendadak pengen mati2an belain kyu. jujur aja aku sebel dengan statement-mu yg ini; ‘Dia pernah mencintai Kyuhyun dan memberinya kesempatan cukup lama …… sebelum kemudian Elliot Shinn muncul.’
    WTH!! kalo hyunji emg prnah suka kyu, knp bukan dia aja memberikan ‘tanda2′-nya kalaupun dia bukan seorang yg gamblang soal perasaan. entah knp kalimat itu kesannya seolah hyunji melimpahkan semua kesalahan sama kyuhyun.

    4. Ending. Aku penganut paham, ‘a love story must be happy in the end’. dan happy ending dlm kepalaku itu=bersatu=pacaran=nikah=cintanya kesampaian dsb.sebisa mungkin aku menghindari FF dgn label ‘angst’ di salah 1 genrenya. tp disaat bersamaan aku juga jd seorang pembenci suatu ending yg pasaran dan gampang ditebak. jd perasaanku trhdp ending LC yaaahhh… mungkin kyk ‘aku sebel sih kyu-hyunji g bersatu tp endingnya diluar perkiraan bgt deh’. semacam itu.
    lagian kao dipikir2 mgkin aneh juga sih kalo dlm tempo yg bs dibilang singkat stlh kematian changmin, hyunji-kyu bersatu.

    5. waaaahhh… komenku panjang ya? 0.0′ LOL

    -ciao-

    p.s: semoga kamu ga kliyengan baca komenku. *inosen*

    1. wuidih, aku baca komenmu ini semalam sebenarnya pada saat aku hampir tidur dan tiba” Androidku bunyi aja ada email, hoho.. nggak menyangka kamu akan menemukan blog ini juga XD

      1. tenang saja, aku nggak ketawa baca ceritamu tentang katalis (sastra dan kimia), sebenarnya ini pelajaran yang sudah lama banget saat Telaah Sastra bertahun” yang lalu, bukan materi ulama juga, dosenku hanya memberi informasi sambil lalu, tapi entah kenapa sangat tertancap di dalam kepalaku karena aku dan seorang temanku sangat menyukai kata ini, “catalyst” .. it just sounds so, .. glamour. dan ketika menentukan judulnya sebenarnya juga sangat asal sih, karena aku ingin judul yang ‘cantik’ tiba-tiba saja frase ini tercipta, .. lalu keseluruhan ceritanya mengalir begitu saja ngikuti alur plotnya.
      2. soal research itu juga kulakukan impromptu, karena kebetulan internet selalu menyala 24 jam tiap kali aku menulis jadinya lebih gampang buat langsung research kalau ada yang mengganjal. Seperti yang aku pernah bilang dulu, aku merasa sangat beruntung karena di dorm aku memiliki teman-teman yang selalu sedia bila diajak diskusi pintar, yang satu ahli akutansi, satu lagi pakar hukum dan aku kuliah tentang budaya Amerika, dan aku gabungin semua itu jadi satu terinspirasi dari beberapa hal yang kami obrolin bareng dan beberapa info yang kuambil dari internet (aku sungguh nggak tau gimana hidupku tanpa google dan wikipedia), lol, jadi curcol.
      3. Yeah, i know, kamu sangat bias Hyukjae, tentunya karakter fave kamu tetap Lee Biseo hahaha.. tentang Hyunji, I got your point, tapi seperti yang kubilang, otak dia itu sangat kompleks, juga perasaannya .. percaya deh, kadang aku sendiri juga nggak ngerti apa yang sebenarnya dia inginkan, memang mungkin kesannya Hyunji melimpahkan semua kesalahan ke Kyuhyun, tapi itu wajar kan, ketika segala expected events ternyata kacau hanya karena satu orang, memang harus ada yang disalahkan untuk bertanggung jawab —–> basic women defense mechanism.
      4. yang penting kamu ngerti, .. haha, I have my very own version of happy ending, LOL.
      5. Iya, komenmu panjang, tapi aku senang sekali bacanya .. jadi, terima kasih yaaa.. sering”lah berkunjung^^

  12. Lagi on going baca LC ga sengaja nemu postingan ini.
    Jadi tau gambaran cerita dan endingnya sebenarnya udh nahan2 ga baca tapi penasaran mendominasi.
    Chacang meninggal disini T.T

  13. Halo!! Ahem… Uh… Aku bingung mau mulai dari mana.
    Louboutin Catalyst… sebenernya udah lama banget dapet rekomen dari temen ttg FF ini. Hampir setaunan sih kayaknya. Tapi aku anggurin krn selama ini masih yg demen mantengin FF fluffy unyu munyu dg bahasa yg ringan bgt. Trus entah kenapa kmrn tiba2 pengen baca fict indo (dan baru sadar aku lamaaaaaaa bgt ga baca fic bahasa), dan yg lakukan adl googling ff ini. Huehehehehe…
    Tadi sempet nanya ke umma (Diyan) link chapter lengkapnya krn aku bacanya yg hasil googling dan nemunya yg di blogspot (yg aku kira udh ga kepake) dan stuck di chap 3. Ga bisa view chapter selanjutnya krn tampilan blogspot di hape ga mendukung –”
    LALU NEMU LINK INI!!! AAAACKKK!! AKU CENANG!!! XD

    Oke aku pun udah lama ga baca fic dg gaya kayak gini, yg ngelibatin bisnis, dunia kerja sbg latar ceritanya. Terakhir baca kayaknya ff nya unie (aku lupa judulnya, ada baby baby nya gt) yg di ffindo dan ga diselesaiin dan itu bikin aku patah hati :(
    Semua bagian dr ff ini bikin aku jatuh cinta, lagi, ama kyuhyun! Oh tapi aku lebih cinta ama hyukjae kayaknya :’)
    Setting, karakter, alur, tema, semua aku suka! Dan semua detil cerita (yg pasti kamu research sana sini untuk itu, yg aku ga pernah lakuin tiap nulis, karena aku males). Semuanya bikin aku melongo cantik. Oke aku baru sampe chapter 7 dan yakin masih banyak kejutan di chapter lainnya. Aku mau lanjut baca dulu!! Bye!!

    Salam cenat cenut, trililiii :)

  14. duhh! gw cinta banget sm nihh ff. gw nyesek banget kalo jd kyuhyun. yaaah gw juga rda gedek(?) sm si hyun ji yg gk peka. kasian tuhh si kyuhyun yg sakit ati mulu.
    sumvehhh, ini nihh ff yg bikin hati gw jadi ikut ikutan nyesek yaaaah walaupun gw blm liat endingnya gara gara di protect nich :((((
    pingin minta nich, tp takut diomongin silent reader jd mau comment duluuuu.
    unnie, boleh minta passwordnya? :3

  15. hai…salam kenal ya author
    jujur aq baru nemu ni ff yang sangat luar biasa. alurnya, tokohnya, semuanya daebakk
    btw, boleh minta passwordnya gak? biar aq lancar baca dari awal ampe part terakhir… pleaseee

  16. Hallo.. sang reader baru (baru beberapa jam lalu selesai baca LS) lanjut baca LC karena komentar penulis yang katanya tidak bisa move on dari tokoh-tokoh LC.. saya penasaran dengan ff ini, dan masih belum bisa menemukan jawaban kenapa ff ini fenomenal karena baru baca prolog aja. Rasa penasaran nyuruh saya lanjut ke part berikutnya.. tapi usaha mau komentar diblogsopt malah menyita waktu.. mau komentar di blogspot itu susah.. saya gak punya ID blogspot (-__-° jadi malah komentar di sini..
    Anyway, saya rasa saya akan suka LC karena saya suka fiksi yang rumit, berbau psikologi dan si-fi…
    Tapi, maaf saya belum bisa komen di sana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s